Makanan Kura-Kura yang Baik [Jangan Asal Ngasih!]

makanan kura-kura menetas
pixabay.com

Makanan kura kura – Selamat, sobat pasti baru membeli kura-kura ya? Atau kura-kura sobat mogok makan? Kura-kura sobat kecil berwarna hijau? Sobat belum tahu makanannya? (Admin Sok Tau). Oke, jika admin benar maka kamu sudah tepat masuk website ini, karena disini membahas berbagai makanan kura-kura yang dapat kamu coba untuk si kura-kura.

Jika Kamu telah membeli kura-kura untuk dipelihara, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan kura-kura kamu panjang umur dan tetap sehat. Salah satu dari cara tersebut adalah memberikan makanan yang sesuai bagi kura-kura.

Pada artikel kali ini admin akan membahas secara lengkap mengenai makanan dari berbagai jenis kura-kura, baik makanan kura-kura kecil maupun dewasa, kura-kura air maupun darat. Dan cocok juga untuk kura-kura yang biasa di pelihara di Indonesia, seperti kura-kura brazil, kura-kura ambon dan kura-kura sulcata.

Berikut ulasannya.

Makanan Kura-kura Darat dan Air

gambar kura-kura darat, makanan kura kura
pixabay.com

Kura-kura air merupakan hewan omnivora yang berarti pemakan segala, sedangakan kura-kura darat merupakan hewan herbivora yang berarti pemakan tumbuhan. Dari poin-poin dibawah kura-kura darat maupun air dan kura-kura kecil maupun dewasa dapat memakannya.

Berikut diantaranya :

  • Sayuran

sayuran makanan kura-kura
pixabay.com

Kebanyakan jenis kura-kura merupakan hewan pemakan sayuran. Biasanya, jenis kura kura tersebut yaitu kura-kura darat. Jika termasuk jenis kura-kura darat, maka dapat kita memberikannya makan dengan sayuran.

Makanan yang dapat diberikan dalam sehari hari seperti sawi-sawian, wortel, selada air, daun kacang, kangkung, daun dan bunga kembang sepatu, daun pakis dan jagung, zucchini, daun dan bunga kenikir.

Sayuran tersebut bisa kita berikan untuk kura-kura kecil maupun besar. Tinggal kita sesuaikan saja porsinya dan juga ukuran makanan dengan mulut si kura-kura. Untuk kura-kura yang sudah dewasa, kita dapat memberikan makanan jagung dengan kulitnya.

Beberapa makanan yang bisa kita berikan hanya sepekan sekali seperti kacang panjang, toge, lidah buaya, buncis, kacang kapri dan mentimun. Makanan tersebut hanya boleh diberikan satu pekan sekali karena makanan tersebut mengandung banyak protein yang dapat menyebabkan pyramiding.

  • Buah

buah makanan kura-kura
pixabay.com

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dari pakan nabati kura-kura selain menkonsumsi berbagai sayuran dan tanaman air, mereka juga memakan berbagai variasi buah, walaupun hal tersebut dalam jumlah banyak sebagai tambahan asupan nutrisi.

Oleh sebab itu alangkah baiknya kita berikan kura-kura peliharaan kita dengan menu buah dalam waktu yang renggang saja atau jangan sering-sering memberikananya. Itu pun juga dalam porsi yang sedikit. Beberapa jenis buah yang bisa sobat berikan diantaranya kaktus oputia  (kaktus centong), labu air, labu kuning, semangka, melon, pepaya, mangga, buah pear, pisang, apel, cherry, strawberry.

Sama halnya dengan sayur, buah dapat diberikan untuk kura-kura kecil maupun dewasa. Dan tentunya disesuaikan dengan porsi ukuran si kura-kura.

  • Pelet Khusus Kura-kura

pelet makanan kura-kura
pixabay.com

Pelet bukan hanya untuk makanan kelinci, tetapi ada juga pelet khusus kura-kura dan berbagai jenis hewan lainnya.

Pelet merupakan pakan buatan manusia yang komposisinya terdiri dari berbagai bahan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi hewan tertentu. Pelet kura-kura sendiri sudah banyak produksinya yang tersedia di pasaran, namun hanya sedikit produk yang mencantumkan komposisi yang jelas dan terpercaya.

Produksi Pelet juga disesuaikan dengan jenis kura-kura, tersedia untuk kura-kura kecil maupun dewasa, bisa sesuaikan dengan umur kura-kura, jenis darat atau jenis air. Oleh karena itu, jika hendak membeli sesuaikan dengan jenis dan umur kura-kura yang kita punya.

Jika tidak menemukan pellet untuk kura-kura maka kamu juga dapat menggunakan pellet ikan. Hikari dan Mazuri adalah salah satu merek makanan jadi yang cukup dikenal di kalangan penggemar kura-kura. Sayangnya produk tersebut hanya dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu di indonesia.

Jika kamu tidak mempercayai komposisi pelet pasaran, kamu dapat membuat sendiri pelet dengan menggunakan bahan baku yang kamu tentukan sendiri. Pelet biasanya dibuat dengan bahan dasar udang, cacing, ikan kecil atau serangga yang dihaluskan dan serat tanaman serta jenis bermacam jenis tepung seperti tepung ikan.

Ada dua jenis pelet untuk kura-kura air yakni pelet pelet tenggelam (sinking pellet) dan mengapung (floating pellet). Pelet mengapung biasanya diberikan untuk kura-kura yang lebih senang berada dipermukaan air seperti kura-kura brazil.

Sedangkan pelet tenggelam dapat diberikan untuk kura-kura yang mencari makanan di dasar air, seperti musk turtle, atau moncong babi, mud turtle. Namun demikian hal-hal tersebut tidak baku. Kamu bisa memilih dan mencoba berbagai merek dan jenis pelet untuk mengetahui mana yang lebih disukai oleh kura-kura di rumah.

Khusus Makanan Kura-kura Air

makanan kura kura brazil
pixabay.com

Pada umumnya kura-kura air merupakan pemakan segala (omnivora). Contoh dari kura-kura ini adalah kura-kura brazil dan kura-kura ambon, mereka dapat diberikan pakan dari tumbuhan maupun hewan. Namun walaupun pemakan segala tentunya ada beberapa makanan yang lebih tepat untuk diberikan pada kura-kura.

Berikut beberapa pakan yang baik untuk kura-kura kecil maupun dewasa, berikut ulasannya.

  • Daging

daging makanan kura kura
pixabay.com

Sebagian kura-kura juga suka sekali memakan daging. Salah satunya daging ini merupakan makanan kura-kura brazil atau kura-kura air yang bisa makan daging maupun sayuran.

Daging yang paling disukai kura kura adalah daging mentah. Tetapi, pemberian daging mentah tidak baik bagi kura-kura karena dapat menyebabkan kegemukan dan tidak terdapat nutrisi yang dibutuhkan kura kura pada daging mentah.

Oleh karena itu, sebaiknya kita memasaknya terlebih dahulu sebelum diberikan untuk kura-kura peliharaan kita. Dan untuk kura-kura kecil hendaknya daging yang diberikan disuir-suir atau disesuiakan dengan ukuran mulutnya.

  • Cacing Sutra

cacing sutra beku makanan kura kura kecil
bahasikan.com

Cacing Sutra merupakan jenis cacing yang paling kecil dan halus yang umumnya dijadikan untuk pakan ikan. Selain ikan cacing sutra ini cocok sekali dijadikan sebagai makanan kura-kura kecil.

Selain disukai kura-kura, keunggulan cacing sutera diantaranya tidak mengotori air atau menjadikannya keruh, tahan lama dan selalu fress atau tidak cepat basi walaupun lama di dalam air.

Saat ini telah banyak orang yang membudibayakan cacing jenis ini, karena banyak juga orang yang membutuhkannya sebagai pakan hewan peliharaan maupun budidaya. Banyak juga variasi produk dan merk dari cacing sutra. Jika kamu tidak mau repot dengan cacing sutra yang masih hidup, kamu bisa membeli cacing sutra beku di petshop maupun online.

  • Ikan Kecil

ikan makanan kura-kura kecil
kaskus.co.id

Ikan kecil yang masih hidup merupakan makanan yang sangat disenangi oleh hewan amfibi sekaligus menjadi hiburan tersendiri baginya. Kura-kura tersebut biasanya akan bermain-main dahulu dengan ikan kecil sebelum memakannya.

Hal ini tentunya sangat bagus bagi kesehatan fisik dan batinnya sebab kura-kura merasa senang. Terutama untuk kura-kura kecil yang sedang masa awal pertumbuhan. Kamu bisa memberinya ikan-ikan kecil yang banyak terdapat di sungai atau anakan ikan mas.

Hindari memberikan ikan yang mempunyai patil atau duri tajam seperti ikan batok atau ikan lele karena malah dapat membahayakan si kura-kura.

  • Jentik-Jentik Nyamuk

jentik-jentik makanan kura kura kecil
dictio.id

Selain cacing sutra dan ikan kecil, jentik-jentik juga sangat cocok dijadikan sebagai makanan kura-kura kecil. Jentik atau jentik-jentik merupakan tahap larva dari nyamuk. Jentik hidup di air dan memiliki perilaku menggantung pada permukaan air untuk bernapas.

Di beberapa tempat, jentik nyamuk juga dikumpulkan orang dan dimanfaatkan sebagai pakan ikan hias.

  • Serangga

serangga makanan kura-kura
pixabay

Karena di alam bebasnya kura-kura air merupakan hewan omnivora atau pemakan segala, sering juga kura-kura ini memakan serangga seperti jangkrik, ulat hongkong dan belalang.

Untuk makanan kura-kura kecil kamu dapat memberinya serangga kecil seperti nyamuk dan laron. Namun pemberiannya jangan terlalu sering agar si kura-kura tidak terbiasa dengan makanan ini.

Baca Juga : Makanan Bunglon yang Baik dan Sehat

  • Telur

telur rebus makanan kura kura
pixabay.com

Telur rebus merupakan makanan yang mengandung tinggi protein yang baik untuk dikonsumsi. Namun, untuk kura-kura jangan sering-sering memberikannya karena dapat memicunya mengalami obesitas. Kamu bisa memberikan telur rebus terkhusus bagian putih telur, dan porsinya disesuaikan dengan ukuran si kura-kura.

  • Udang

udang makanan kura kura kecil
pixabay.com

Kalau kamu menginginkan kura-kura yang dipelihara mempunyai warna yang cerah berikanlah makanan yang banyak mengandung karoten. Zat karoten ini banyak terkandung pada udang sehingga kamu patut menggunakannya sebagai makanan selingan untuk kura-kura.

Kupaslah udang tersebut dengan membuang bagian kulit luarnya dan kepala terlebih dahulu supaya aman ketika dimakan. Dan untuk kura-kura kecil kamu bisa memberikan udang yang telah direbus (matang) lalu mennyuir menjadi kecil-kecil agar mudah ketika dimakan.

Minum (Kura-Kura Darat)

makanan kura kura brazil
pixabay.com
  1. Kura-kura mempunyai mekanisme menyimpan persediaan air, jadi memberikan minum setiap hari tidaklah diperlukan, lakukanlah perendaman kura-kura dalam bak plastik berisi air dangkal, kira-kira setinggi rahang bawah. Lama perendaman lebih kurang 5 menit 2 kali dalam seminggu untuk mencegah dehidrasi.
  2. Jika kamu memelihara kura dalam tempat kecil, disarankan untuk tidak meletakkan tempat air dikarenakan akan menjadikan lingkung kura-kura lembab dan becek.
  3. Bila memiliki kura besar di tempat yang luas, kamu dapat membangun atau menyediakannya kolam air dangkal.

Makanan yang Tidak Baik

makanan kura-kura yang tidak baik tidak dianjurkan
pixabay.com
  • Kura-kura tidak mempunyai enzim untuk mengurai laktosa sehingga mereka sebenarnya tidak memerlukan semua kandungan susu pada tubuhnya, jadi makanan seperti keju dan yogurt tidak terlalu bermanfaat untuk mereka.
  • Makanan yang dikemas dalam kaleng atau kemasan lain tidak boleh diberikan kepada kura-kura, makanan organik merupakan makanan terbaik untuk kura-kura sebagai sumber nutrisi. Makanan kemasan yang tinggi kandungan garam dan pengawet akan menggangu bagaian pernapasan mereka.
  • Hindari makanan yang mengandung coklat, mengandung banyak gula seperti permen, makanan yang terbuat dari pengembang dan tepung seperti roti.
  • Beberapa orang mungkin berpikir bahwa kura-kura merupakan bintang pemakan tumbuhan beracun, tetapi sangat lebih bijak jika kita menghindari tumbuhan seperti poison ivy dan alpukat.
  • Daging ayam,kambing dan babi karena mengandung lemak yang tinggi yang membahayakan kesehatan dan menyebabakan adanya microbakteri di dalam usus atau biasa disebut cacingan.
  • Ikan laut, karena kadar garam yang ada di dalam ikan laut sangat tinggi kecuali sebagai makanan penyu.
  • Bayam, karena mengandung asam oksalat yang membahayakan bagi si kura-kura.
  • Udang hidup, karena udang hidup mempunyai senjata di kepalanya yang dapat melukai kura-kura.
  • Beberapa buah buah- buahan yang asam, seperti jeruk, mangga,kiwi, peach, dll
  • Beberapa makanan lain yang tidak dianjurkan diantaranya; bunga kol, kubis, kacang polong, kacang ijo, kecipir, brokoli, lobak, dan daun singkong karena tidak baik dicerna oleh kura-kura dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Kata Kunci :

Makanan Kura Kura Brazil

Makanan Kura Kura Indonesia

Makanan Kura Kura Ambon

Makanan Kura Kura Kecil

Makanan Kura Kura Darat

Makanan Kura Kura Air

Makanan yang telah disebutkan diatas sama juga dengan makanan kura-kura berdasarkan kata kunci ini.

Baca Juga : Makanan Kucing Kampung yang Baik dan Sehat

Bagaimana Menurutmu?