Makanan Kelinci yang Baik [Jangan Asal Ngasih!]

makanan kelinci
pixabay.com

Hayo.. hayooo… Kelinci sobat mencret ya?? Nah, bisa jadi gara-gara salah ngasih makannya (sok tau).

Pada kali ini admin akan membahas mengenai makanan yang baik untuk kelinci kesayangan sobat di rumah. Kebetulan juga admin ini sedikit berpengalaman dalam Peternakan Kelinci karena admin sebelumnya pernah mengikuti Program Studi Agribisnis. Berikut ulasannya.

Makanan Kelinci yang Baik

Banyak  dari berbagai sumber khususnya di internet, mengatakan bahwa pakan hijauan yang baik untuk kelinci adalah hijauan yang masih segar. Padalah menurut admin (dari dosen admin) kebiasaan tersebut salah kaprah.

Jadi bagaimana pakan yang baik untuk kelinci? Berikut beberapa pakan yang admin rekomendasikan untuk dikonsumsi kelinci.

  • Hijau-an (daun dan rumput)

rumput makanan kelinci hijauan
pixabay.com

Kelinci merupakan hewan herbivora yang tentunya tak terlepas dari memakan hijauan. Hampir semua jenis hijauan bisa dikonsumsikan untuk kelinci, akan tetapi bukan berarti semua hijauan baik diberikan untuk kelinci.

Hijauan yang baik untuk kelinci adalah hijauan yang mengandung banyak protein nabati, bukan hanya kelinci aja sih, semua makhluk hidup juga begitu termasuk manusia. Seperti daun lamtoro, daun ubi jalar, daun pepaya, daun kacang tanah. 

Perlu diperhatikan juga cara pemberiannya yakni pakan hijau segar diberikan secukupnya setelah dilayukan dengan cara diangin-anginkan selama lebih kurang 2 jam. Pelayuan ini dimaksudkan supaya kadar air dalam pakan hijau berkurang.

Hal inilah yang kurang diperhatikan oleh para pemelihara kelinci, banyak yang mengira hijauan segar justru lebih sehat ketimbang yang sudah lama. Apakah kamu juga begitu? Perlu diketahui pakan segar yang mengandung air tidak baik untuk kelinci, walaupun mereka sangat lahap memakannya.

Jika hal ini tetap tidak dilakukan, urine kelinci dapat berbau serta menyengat, menyebabkan mencret, perut kelinci kembung, gatal-gatal dan gudik (scabies), serta dapat mengakibatkan kematian pada kelinci karena keracunan.

Berikut beberapa hijauan yang baik sebagai makanan kelinci :

Bahan Lemak (%) Protein (%)
Daun Lamtoro 6,5 12
Rumput Kalamenta 1,46 10,26
Daun Kacang Tanah 2,9 16,59
Daun Pisang 5,9 16,81
Daun Dadap 2,91 27,15
Daun Turi Merah 7,05 31,68
Daun Turi Putih 5,65 40,62
Jerami Jagung 1,25 5,57
Rumput Jampang 1,01 8,29
Rumput Cakar Ayam 1,47 8,44
Rumput Ginting 1,22 8,67
Jerami Padi 2,15 9,83

 

  • Hay

makanan kelinci hay
everybodygoesblog.com

Hay merupakan rumput ataupun hijauan yang dipotong (dicacah) menjadi kecil-kecil, lalu diawetkan dengan cara tertentu secara bertahap supaya kandungan gizinya tidak rusak dan kadar serat kasarnya tinggi.

Beberapa macam rumput maupun hijauan dapat dibuat menjadi hay, namun admin sarankan untuk memilih hijauan yang berprotein tinggi seperti contoh diatas.

Pembuatan hay ini ada caranya tersendiri dan berbeda-beda dari para peternak. Rumput yang diawetkan ini rasanya manis, sehingga cocok untuk kelinci yang menyukai rasa ini.

Hay ini juga baik dijadikan sebagai makanan kelinci anggora.

  • Pelet

pelet makanan kelinci
pixabay.com

Pakan pelet berfungsi meningkatkan nilai gizi dan sebagai pakan pokok kelinci selain hijauan. Pakan pelet khusus kelinci ini sudah kandungan nutrisinya sudah disesuaikan denga kebutuhan kelinci dan mudah didapatkan dipasaran

Komposisi pakan pelet kelinci ini biasanya terdiri dari campuran bahan-bahan diantaranya ; konsetrat, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioca, bungkil kacang tanah, tepung ikan, tepung jagung, tepung daun, bungkil kedelai dan lain sebagainya.

Apabila nutrisi dalam pelet sudah mencukupi kebutuhan kelinci, maka tidak masalah jika pakan hijauan tidak diberikan.

  • Kotoran Kelinci Sendiri

kenapa kelinci makan kotoran sendiri
kelincikuimut.wordpress.com

Jika kamu cermat dalam memerhatikan kegiatan kelinci, pasti kamu sudah pernah melihat kelinci memakan kotorannya sendiri. Ternyata kotoran yang dimakan kelinci dapat menjadi anti bodi bagi kelinci itu sendiri.

Tentunya tidak semua kotoran dimakan kelinci, biasanya pada kotoran kelinci beberapa diantaranya memiliki sifat lembek dan sedikit basah (kelinci lebih mengerti kotoran yang harus dimakan), kotoran itulah yang mengandung antibody bagi kelinci.

Minuman yang Baik

Minuman kelinci
shopee.co.id
  • Air Susu Induk Kelinci

Air susu induk adalah pakan alami terbaik karena memiliki kandungan zat paling lengkap serta cocok dan tepat untuk anak kelinci yang masih menyusu.

Air susu induk lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi, air susu induk kelinci memiliki kandungan bahan kering lebih banyak 2 kali lipat, lemak dan protein 4 kali lebih besar, abu/mineral lebih banyak 3 kali lipat. Selain itu, laktosa hanya seper-enam (1/6) dari air susu sapi.

  • Air Putih

Meskipun kelinci sudah memakan rumput atau hijauan yang banyak mengandung air, kelinci tetap membutuhkan minuman agar tidak terkena dehidrasi. Minuman kelinci hanya air putih saja, tetapi lebih baik lagi kalau ditambah dengan vitamin khusus.

Bagaimana cara memberi minum kelinci yang baik? berdasarkan pengalaman admin ada tiga cara yang umum diberikan yaitu menggunkan mangkok air, dot khusus kelinci dan pake nipledrinker.

Jika menggunakan mangkok ataupun wadah semisalnya maka akan lebih murah dari segi biaya karena bisa memakai mangkok apa aja asalkan dapat menampung air dan lebih awet dalam penggunaanya, tetapi kelemahannya air akan cepat kotor dan sering tumpah sehingga akan memungkinkan kandang basah dan menimbulkan berbagai penyakit.

Jika skala menengah kebawah untuk lebih amannya saya sarankan memakai dot kelinci walaupu harus membeli, kelemahan dari dot ini adalah tidak tahan lama karena sering di grogoti kelinci itu sendiri sehingga harus mengganti.

Sedangkan untuk skala besar lebih baik menggunakan niple drinker, hampir sama seperti dot kelinci tapi dalam perawatannya lebih mudah dan lebih cepat sehingga tidak menguras banyak tenaga peternak.

Makanan Kelinci Yang Kurang Tepat (Menurut Pengalaman Admin)

kelinci makanan wortel
pixabay.com
  • Konsentrat yang Masih Halus (Belum Bentuk Pelet)

pakan kelinci yang tidak baik
sakadoci.com

Konsentrat merupakan salah satu pakan yang baik bagi hewan ternak, begitu juga dengan kelinci. Namun kurang tepat jika memberikan kelinci pakan yang masih halus (belum berbentuk pelet) seperti bekatul maupun konsentrat lainnya.

Hal ini tidak disarankan karena sifat asli kelinci yang suka mengeruk-ngeruk tanah dengan kaki-kakinya.  Jika pakan tersebut diberikan maka kelinci akan mengacak-acak pakannya sehingga banyak yang terbuang dan tercampur dengan kotorannya.

Jika masih ingin memberikan pakan halus solusinya adalah gunakan wadah pakan yang aman dari terbuangnya pakan tertsebut.

  • Hijau-an yang Berbulu kasar

pakan kelinci yang tidak baik
bukalapak.com

Hijauan yang berbulu kasar sangatlah tidak baik untuk kelinci karena sistem pencernaannya (lambung) yang rawan dengan bulu-bulu kasar tersebut. Hijauan yang bebulu kasar misalnya rumput gajah, rumput setia dan lain sebagainya.

  • Sayuran dan Buah Segar

makanan favorit kelinci yang tidak baik
pixabay.com

Sayuran dan buah yang masih segar sangat tidak disarankan sebagai pakan utama kelinci karena masih terkandung banyak cairan didalamnya. Cairan yang berlebih pada buah ataupun sayuran dapat menimbulkan gas sehingga mengganggu sistem pencernaan kelinci.

Bolehkah kelinci makan wortel? Di masyarakat, wortel memang identik sebagai pakan utama kelinci. Kelinci memang menyukainya karena rasanya yang manis namun ternyata wortel dapat mengganggu pencernaan kelinci yang sensitif.

Tahukah kamu kartun Bugs Bunny? Nah ternyata serial inilah yang memulai menjadikan wortel sebagai ikon khas yang identik dengan makanan favorit kelinci. Dengan mengunyah wortel sebagai adegan khasnya menjadikan penonton menganggap wortel tersebut sebagai pakan utama kelinci.

Wortel sama halnya dengan sayuran segar lainnya yang mengandung banyak cairan, jika kelinci banyak mengkonsumsi sayuran jenis tersebut maka dapat mengakibatkan mencret pada kelinci, maka tidak semua sayuran bisa diberikan untuk kelinci.

Pakan Obat Bagi Kelinci

  • Daun Pepaya

makanan obat kelinci daun pepaya
pixabay.com

Daun pepaya yang sering kita temui sangatlah bermanfaat untuk kelinci. Sama seperti pemberian pakan hijauan lainnya, sebelum diberikan daun pepaya perlu dilayukan yaitu setelah di petik kita biarkan dulu sekitar 2 jam.

Dengan dibiarkan sebentar maka daun pepaya berkurang kadar air dan mengeluarkan getahnya sehingga sangat aman dan baik jika di berikan langsung pada kelinci, terutama kelinci yang sedang mengandung (hamil).

Kandungan gizi pada daun pepaya cukup beragam diantaranya :

  1. vitamin A 18250 SI,
  2. vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram,
  3. vitamin C 140 miligram per 100 gram
  4. kalori 79 kal per 100 gram,
  5. protein 8,0 gram per 100 gram
  6. lemak 2,0 gram per 100 gram,
  7. hidrat arang/ karbohidrat 11,9 gram per 100 gram
  8. kalsium 353 miligram per 100 gram,
  9. air 75,4 gram per 100 gram.

Beberapa khasiat Daun pepaya :

• mengandung carposide yang dapat berguna sebagai obat cacing.
• Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga daun ini terasanya pahit, namun    zat ini justru bersifat stomakik yakni dapat meningkatkan nafsu makan.
• Mengandung enzim lisozim yaitu benfungsi sebagai anti biotik bakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel pada bakteri.

  • Jagung Manis

makanan obat kelinci jagung manis
pixabay.com

Selain mempunyai kandungan karbohidrat, jagung manis ternyata mengandung berbagai macam nutrisi lainnya seperti; pati, gula, serat pangan, protein, lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium, mangan, zat besi, fosfor, zinc, dan beberapa mineral lainnya.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jagung bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang dimilki oleh kelinci sehingga dapat menjaga kondisi kesehatannya dari berbagai macam permasalahan kesehatan.

Selain itu jagung manis dapat membantu mencegah berbagai macam permasalahan kesehatan pada kelinci diantaranya mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung dan lain sebagainya.

Dari berbagai manfaat tersebut  jagung manis sangat baik dijadikan sebagai pakan alternatif untuk persediaan pakan kelinci yang sedang menempuh perjalanan jauh.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai hal tentang makanan kelinci, artikel ini admin buat berdasarkan pengalaman dan beberapa referensi lainnya, mungkin jika ada kekurangan dengan artikel ini sobat bisa berikan masukan dikolom komentar. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat pembaca.

Bagaimana Menurutmu?