Makanan Bunglon yang Baik [Terlengkap]

makanan bunglon sisir
www.facebook.com/generasibiologi ; bunglon sisir

Bunglon memang peliharaan yang terbilang unik dan istimewa, karena jarang dipelihara oleh orang kebanyakan. Bunglon dijadikan sebagai hewan hias karena warnanya yang bisa berubah-ubah dengan cepat dan menghibur siapapun yang melihatnya sehingga membuatorang yang melihatnya senang dan kagum.

Perubahan warna itulah yang menjadi salah satu perbedaan bunglon dan iguana, bunglon dapat merubah warna dalam waktu yang terbilang cepat sedangkan iguana bisa berubah warna ketika dewasa.

Sebelum memeliharanya tentu wajib untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja makanan yang diperlukan selama pemeliharaannya. Makanan bunglon tidak jauh berbeda dengan makanan kadal pada umumnya.

Berikut makanan bunglon yang perlu kamu ketahui.

Makanan Bunglon Hewani

serangga makanan bunglon
pixabay.com

Berikut beberapa makanan hewani atau makanan yang berasal dari hewan yang dapat dijadikan sebagai makanan bunglon.

  • Jangkrik

jangkrik makanan bunglon
pixabay.com

Makanan yang paling familiar dibeli untuk bunglon adalah jangkrik. Setiap sehari 8 sampai 15 jangkrik. Untuk bunglon yang masih kecil, tentunya disesuaikan dengan jenis jangkrik yang lebih kecil. Kamu bisa membeli jangkrik di toko hewan setempat. Jika tidak ada toko hewan di daerah sekitar, maka kamu bisa membelinya lewat online.

Kamu mungkin pernah mendengar istilah jangkrik gut loaded. Istilah tersebut berarti bahwa jangkrik-jangkrik yang disediakan telah diberi makan makanan bergizi, yang membantu reptil-reptil seperti kura-kura, bunglon dan yang lainnya mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Kamu juga mungkin menemukan istilah jangkrik calcium dusted  yaitu jangkrik yang ditaburi kalsium yang akan membantu bunglon mendapatkan asupan kalsium.

  • Belalang

belalang makanan bunglon
pixabay.com

Serangga yang sering terlihat dipohon dan dedaunan ini, merupakan makanan yang sering ditemui pada habitat bunglon.

Pangan alternatif seperti belalang merupakan makanan yang banyak mengandung gizi yang baik bagi bunglon. Secara ilmiah kandungan gizi dalam belalang memang tak bisa dianggap enteng. Belalang ternyata tidak kalah bergizi dibandingkan sumber protein.

Seperti yang diungkapkan pakar ilmu gizi, belalang merupakan hewan yang mempunyai beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, vitamin, protein, asam, mineral dan lemak esensial.

Kandungan zinc pada belalang mencukupi kebutuhan si bunglon, zinc memiliki fungsi sebagai sistem imun atau meningkatkan kekebalan tubuh bunglon dari berbagai serangan virus dan bakteri.

Baca Juga : Makanan Hamster yang Baik

Selain mencukupi kebutuhan zinc dengan multivitamin, dengan cara hewani juga bisa didapatkan dari belalang ini.

  • Phasmida

phasmida makanan bunglon
idntimes.com

Phasmida atau phasmid adalah serangga batang dan daun bergerak  dan merupakan serangga pemakan tanaman yang berwujud seperti batang atau daun lebar. Mereka tidak mempunyai kaki yang teradaptasi untuk melompat seperti pada jenis serangga Orthoptera (belalang, jangkrik dkk).

Sama halnya dengan belalang, phasmida ini pun dapat dijadikan sebagai makanan bunglon.

  • Kecoa

kecoa makanan bunglon
pixabay.com

Sebagian besar orang Indonesia pasti jijik jika melihat kecoa. Serangga yang satu ini memang selalu dikaitkan dengan kuman dan bakteri yang menjijikan. Kecoa seringkali dianggap sebagai hama dan kerap diberantas dengan menggunakan insektisida.

Nah, jika kamu memiliki bunglon, kecoa bisa menjadi salah satu makanan bunglon yang disenangi. Kecoa dipercaya memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi bunglon.

Tapi perlu diingat, usahakan kecoa yang diberikan ini berbeda dengan apa yang sering ditemukan di selokan atau tempat kotor lainnya. Alangkah baiknya memilih kecoa rumah yang bersih dari kotoran yang kasat mata.

  • Cacing

cacing makanan bunglon
pixabay.com

Selain serangga ada juga makanan bunglon dari hewan melata yaitu cacing. Hewan yang mudah ditemukan ini bisa menjadi salah satu menu makanan untuk bunglon sehingga tidak terbiasa dengan pakan serangga.

Bahkan, penelitian tentang kandungan gizi membuktikan bahwa cacing tanah mengandung protein yang  terbilang tinggi. Selain itu, komposisi kandungan asam amino yang dimiliki cacing tanah juga lengkap, tidak kalah mutunya dibandingkan dengan beberapa sumber protein hewani lainnya.

Dengan kandungan yang baik dari cacing ini tentunya sangan baik pula jika dijadikan sebagai makanan bunglon.

  • Ulat Hongkong

ulat hongkong makanan bunglon
ptnasa.net

Dari berbagai macam ulat yang baik dijadikan sebagai pakan alternatif salah satunya yaitu ulat hongkong. Selain sebagai pakan burung,ilat hongkon juga bdapat dijadikan sebagai makanan bunglon yang baik.

Ulat hongkong merupakan larva dari kumbang beras yang mempunyai nutrien yang cukup tinggi, seperti lemak 31.1-43.1% dan protein kasar 47.2-60.3%. Selain nutrien yang tinggi, ulat hongkong memiliki siklus hidup yang pendek dan mudah dalam berkembang biak.

  • Ulat Jerman

ulat jerman makanan bunglon
agrowindo.com

Selain ulat hongkong, ulat jerman tidak kalah baiknya jika dijadikan pakan untuk bunglon. Terlebih jika ditempat sekitarmu susah dalam mencari ulat hongkong.

Ulat jerman memiliki sifat tubuh yang tidak panas. Berbeda dengan beberapa jenis larva yang memiliki sifat panas sehingga tidak nyaman dikonsumsi. Ulat Jerman bersifat dingin sehingga tidak menimbulkan efek mabuk pada pada hewan yang memakannya.

Ulat jerman mengandung zat-zat yang memberikan stamina dan kekebalan tubuh hewan yang memakannya. Begitu juga dengan bunglon. Protein, kalsium dan lemak membuat bunglon tidak mudah terserang penyakit

Kandungan ulat jerman juga memberikan perlindungan dari serangan bakteri dan virus. Sehingga baik untuk pencernaan maupun kesehatannya.

Ulat jerman ini dapat kamu beli untuk bunglon di toko online dengan harga 50ribuan per kilo.

  • Ulat Bumbung

ulat bambu makanan bunglonulat bambu makanan bunglon
jalaksuren.net

Ulat bumbung atau ulat bambu merupakan jenis pakan tambahan yang rendah protein. Akan tetapi memiliki kandungan vitamin dan juga nutrisi yang sangat lengkap. Oleh sebab itu, ulat ini juga baik jika dijadikan sebagai makanan bunglon.

Sebagai salah satu jenis pakan tambahan yang berupa ulat bambu tidak sepopuler ulat hongkong. Akan tetapi, makanan tambahan ulat bambu masih saja banyak dicari.

“Hindari memberi makan tawon atau lebah dan juga serangga beracun lainnya pada bunglon”

Makanan Bunglon Nabati

makanan bunglon jackson
pixabay.com

Selain pakan hewani ternyata beberapa bunglon juga menyukai pakan nabati yaitu berupa sayur dan buah. Akan tetapi perlu diingat bahwa makanan buah dan sayur bukanlah makanan pokok bunglon walaupun mereka menyukainya.

Perlu diingat juga beberapa bunglon tidak menyukai makanan berupa buah dan sayur, perbedaan ini tergantung kepribadian dan kebiasaan si bunglon. Jenis bunglon yang sering memakan beragam serangga biasanya enggan memakan sayur dan buah.

Kamu bisa mencobanya untuk mengetahui suka tidaknya bulon memakan makanan nabati. Beberapa makanan nabati yang bisa diberikan untuk bunglon diantaranya.

Makanan Bunglon Nabati
SAYUR BUAH
Sedikit kol/kubis  Pisang
 Selada  Stroberi
 Brokoli mentah atau masak Apel
Kacang polong masak Mangga
 Kiwi Melon
 Tomat
Wortel masak
 Daun bayam segar

Baca Juga : Makanan  Kelinci yang Baik & Sehat

Minum

minum makanan bunglon
pixabay.com

Selain makanan tentunya bunglon juga perlu minum. Tidak seperti kebanyakan binatang lainnya bunglon atau chameleon tidak memerlukan banyak air, cara minumnya pun unik. Pemberian minum bisa dengan menyemprotkan air ke tubuhnya atau dedaunan yang dekat dengannya.

Selain  dengan cara disemprot bisa juga dengan sistem dipping, yaitu botol diisi air dan beri lubang kecil agar air menetes sedikit demi sedikit ke daun.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan bunglon versi Menurut Admin. Sebagai penutup admin cantumkan foto dari bunglon surai yang merupakan bunglon yang tersebar di Nusantara dan mungkin juga yang sering sobat jumpai. Sebagian orang juga menyebutnya dengan nama bunglon jawa.

bunglon jawa surai londok
wikipedia.org

 

Bagaimana Menurutmu?