17 Makanan Buka Puasa yang Baik dan Sehat

makanan buka puasa yang bai dan sehat
pixabay.com

Makanan Buka Puasa – Selain menentukan menu sahur sehat, penting juga untuk memerhatikan menu untuk berbuka puasa. Seharian berpuasa, cairan dalam tubuh akan banyak berkurang, nah untuk mengembalikannya sobat harus mulai dengan menghidrasi kembali tubuh sobat.

Untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa sepanjang hari, makanan dan minuman manis memang dianjurkan saat berbuka puasa, tapi jangan asal manis. Alangkah baiknya jika kita memilih menu sehat untuk berbuka puasa lebih-lebih makanan yang disunnahkan.

Pada artikel kali ini membahas menu buka puasa Senin Kamis ataupun di Bulan Ramadan versi menurut admin, berikut ulasannya.

1. Kurma

 kurma makanan buka puasa
liputan6.com

Disamping disunahkan, buah kurma memiliki segudang manfaat yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan buka puasa.

Dengan kandungan 7 gram serat dalam porsi 100 gram, kurma termmerupakan buah yang dapat memenuhi asupan serat harian. Serat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, misalnya memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit.

Hasil Suatu penelitian menunjukkan, 21 orang yang mengonsumsi 7 butir kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar (BAB) dan memiliki peningkatan yang signifikan dalam pergerakan usus dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Serat buah kurma juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah karena rendah indeks glikemik yang terkandung didalamnya.

Kurma mempunyai nutrisi yang sangat baik. Sebagian besar kalori dalam buah kurma berasal dari karbohidrat. Namun buah kurma juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting serta mengandung antioksidan yang tinggi.

2. Buah-buahan

buah makanan buka puasa

Buah-buahan sudah selayaknya termasuk dalam daftar menu takjil buka puasa yang enak dan sehat. Bagaimana tidak? Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam buah-buahan sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang karena berpuasa seharian.

Berikut beberapa buah yang mengandung berbagai macam nutrisi dan sangat cocok dijadikan sebagai menu buka puasa diantaranya :

Menu Buah Buka Puasa
Tomat Pisang
kiwi Pepaya
Trawberry Semangka
Bluberry Apel
Black berry anggur
Nanas Mentimun
Markisa

3. Sayur-sayuran

sayuran makanan buka puasa
pixabay.com

Makanan buka puasa yang harus ada di meja makan kita salah satunya yaitu sayuran. Ketika kita berpuasa, lambung akan rehat dari tugasnya. Hal ini mengakibatkan ukuran lambung mengalami penyusutan dan juga produksi enzim pencernaan berkurang.

Disarankan untuk mengkonsumsi sayuran saat berbuka puasa, oleh karena sayuran merupakan jenis makanan untuk buka puasa yang mudah dicerna. Dengan begitu, lambung tidak akan langsung bekerja keras mengolah makanan setelah seharian beristirahat.

Apabila langsung mengkonsumsi makanan berat yang sulit dicerna, lambung akan mengalami shock dan bukan tidak mungkin di kemudian hari lambung akan mengalami masalah lain.

4. Roti Gandum

roti makanan buka puasa
pixabay.com

Setelah berpuasa seharian tentunya energi dalam tubuh berkurang. Dengan kandungannya yang kaya akan karbohidrat, roti gandum merupakan makanan buka puasa yang dapat membuat tubuh merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Ketika karbohidrat ini digunakan oleh tubuh, mereka akan mengembalikan dan meningkatkan energi. Bahkan menjaga rasa lapar dan berat badan yang konsekuen. Selain itu kandungan serat di dalam roti gandum dapat meningkatkan pencernaan dan menjaga usus bebas dari bahan limbah dan racun, serta juga mencegah sembelit.

Manfaat roti gandum juga bisa menjadi solusi diabetes, karena kandungan serat dalamnya dapat mengontrol lonjakan gula darah dalam tubuh.

5. Nasi Jagung

nasi jagung makanan buka puasa sehat
bukalapak.com

Alih-alih nasi putih, ada baiknya Kamu mencoba nasi jagung saat berbuka puasa. Siapa sangka, nasi yang dihasilkan dari jagung tua yang ditumbuk lalu dikukus ini mengandung banyak serat di dalamnya, sehingga sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

Tak hanya itu, mengkonsumsi nasi jagung saat berbuka puasa juga dapat mencegah kondisi kekurangan darah (anemia). Hal ini dapat terjadi karena nasi jagung juga mengandung mineral zat besi.

6. Nasi Merah

nasi merah makanan buka puasa sehat
sahabatnestle.co.id

Selain nasi jagung, alternatif makanan buka puasa yang sehat lainnya adalah nasi merah. Nasi merah merupakan salah satu menu buka puasa yang menyehatkan, dan tentunya tidak kalah enak dan mengenyangkan seperti nasi putih.

Nasi merah sangat sehat dan cocok dikonsumsi selama bulan Ramadhan karena nasi jenis ini mengandung zat besi yang banyak, lebih banyak dari nasi putih. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa seharian, karena mineral yang satu ini berguna untuk memberikan energi.

7. Smoothies

makanan buka puasa sehat
pixabay.com

Smoothies merupakan makanan buka puasa yang dapat kamu jadikan pilihan sebagai menu buka puasa yang sehat. Smoothies yang terdiri dari campuran buah-buahan, granola, gandum, hingga biji-bijian ini, selain rasanya lezat, juga menyehatkan serta dapat mengembalikan energi yang hilang.

8. Kentang Rebus (Menu Diet)

kentang rebus makanan buka puasa sehat
pixabay.com

Terkhusus untuk kamu yang sedang berdiet, kentang rebus dapat dijadikan menu buka puasa untuk diet selama bulan Ramadhan. Kentang rebus yang dipercaya rendah kalori menjadi alasan mengapa makanan ini selayaknya harus berada di atas meja makan guna disantap saat berbuka puasa.

Selain itu, kentang rebus merupakan sumber karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk mengembalikan energi bagi tubuh.

9. Ubi Jalar

ubi makanan buka puasa sehat
cookpad.com

Kandungan serat pada ubi jalar juga cukup tinggi. Lebih tinggi dibanding dengan jenis kentang. Walaupun kandungan seratnya terbilang tinggi, ubi jalar tergolong makanan yang mudah dicerna. Sehingga cocok dijadikan sebagai makanan buka puasa karena baik bagi lambung dan usus halus.

Selain itu, vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalsium dan kalium pada ubi jalar dapat membantu meredakan radang lambung. Serat yang dikandung pada ubi jalar juga mampu mencegah terjadinya penimbunan asam dan konstipasi.

Beberapa manfaat lain dalam mengkonsumsi ubi jalar diantaranya :

  1. Membantu kekebalan tubuh
  2. Atasi bronkitis dan asma
  3. Redakan sakit artritis
  4. Bantu atasi kanker
  5. Menjaga keseimbangan air
  6. Sumber karbohidrat diabetesi

10. Oatmeal

oatmeal makanan buka puasa
pixabay.com

Serat yang terkandung dalam makanan buka puasa yang satu ini menjadikannya pantas untuk dihidangkan bersama makanan sehat lainnya saat berbuka puasa.

Tak hanya melancarkan pencernaan, mengonsumsi oatmeal saat berbuka puasa juga akan memberikan efek kenyang yang tahan lama walaupun hanya makan secukupnya.

11. Kacang-Kacangan (camilan buka puasa)

kacang camilan buka puasa
pixabay.com

Setelah berpuasa seharain, salah satu camilan yang cocok dijadikan sebagai makanan buka puasa adalah kacang-kacangan. Mengonsumsi kacang bagus untuk kesehatan pencernaan karena kaya akan serat. Serat membantu menyerap lebih banyak nutrisi dan membuang yang tidak perlukan oleh tubuh. Serat juga membuat BAB menjadi lebih teratur.

Selain bermanfaat sebagai asupan serat, kacang-kacangan juga memiliki kadar protein yang tinggi yang mampu memberikan cukup energi untuk beraktivitas dan membantu dalam pembentukan otot. Tidak hanya itu, sifat alami kacang-kacangan yang bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh menjadikan cemilan ini ramah terhadap kesehatan jantung.

Beberapa jenis kacang-kacanangan yang dapat dijadikan camilan buka puasa diantaranya :

  • biji bunga matahari
  • walnut (sumber omega 3)
  • almond
  • kacang mete
  • kacang tanah
  • kacang brazil
  • kacang hijau

12. Yogurt

yogurt makanan buka puasa
pixabay.com

kolang-kaling  dan es biji selasih terlihat nikmat dan menyegarkan. Namun, adanya pemanis buatan pada kedua makanan tersebut untuk buka puasa dinilai tidak menyehatkan. Alih-alih demikian, ahli gizi lebih merekomendasikan untuk mengonsumsi yogurt.

Yogurt yang dikombinasikan dengan buah-buahan dipercaya sebagai menu makanan buka puasa yang sehat, di samping rasa yang nikmat. Yogurt efektif untuk melancarkan pencernaan agar tetap dapat berfungsi baik selama berpuasa.

13. Madu

madu menu makanan buka puasa sehat
pixabay.com

Makanan yang tak kalah kaya akan manfaatnya untuk buka puasa adalah madu. Ya, madu yang mempunyai rasa manis ini dipercaya efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang mengalami penurunan akibat berpuasa seharian.

Selain itu, mengkonsumsi madu sebelum menyantap hidangan utama juga bisa membantu mengontrol berat badan.

14. Susu

susu minuman buka puasa sehat
pixabay.com

Selain baik untuk sahur, konsumsi segelas susu juga dianjurkan saat berbuka puasa. Asupan susu saat berbuka puasa memberikan khasiat yang berbeda dengan mengonsumsinya saat sahur. Saat berbuka puasa, susu bisa membantu mengembalikan energi tubuh.

Sedangkan jika diminum saat malam hari, segelas susu juga dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak karena kandungan asam amino trytophan dan prekursor yang berguna untuk neotransmitter serotonin yang bersifat menenangkan, sehingga membantu proses tidur di malam hari lebih cepat.

Dengan manfaat yang terkandung  begitu bannyak, susu bisa menjadi pilihan minuman buka puasa senin kamis maupun di bulan Ramadan.

15. Air Nabeez

air nabeez menu buka puasa
maswarsito.com

Air nabeez adalah air dari hasil rendaman buah kurma yang merupakan salah satu minuman kesukaan Rasulullah SAW.. Cara membuatnya juga cukup simpel, cukup rendam daging buah kurma secukupnya 3-7 butir, ganjil sesuai sunah nabi dalam air matang dengan wadah tertutup selama 8-12 jam. Setelah jadi, airnya bisa langsung diminum dengan buah kurma yang sudah lembut.

Dengan resep buka puasa sederhana ini, tentunya air nabeez ini menjadi menu buka puasa irit namun menyehatkan.

Air nabeez ini cocok diminum ketika sahur ataupun malam hari ketika berbuka puasa. Minuman ini pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama dengan infused water kekinian, hanya saja bukan dengan buah-buahan tapi menggunakan kurma yang berkualitas baik. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kita akan mendapat banyak manfaat istimewanya.

16. Air Kelapa

air kelapa minuman buka puasa
pixabay.com

Minuman buka puasa dengan menu air kelapa muda dapat membantu menghilangkan rasa haus yang dirasakan ketika sedang berpuasa. Tidak hanya itu, mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa juga mampu mengganti konsumsi air yang hilang setelah lebih kurang berpuasa selama 14 jam.

Air kelapa muda diklaim sebagai minuman elektrolit yang baik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama puasa. Hal tersebut dapat terjadi karena air kelapa kaya akan kandungan natrium, kalium, kalsium dan magnesium.

Selain itu, meminum segelas air kelapa juga sangat baik untuk proses pencernaan dalam tubuh. Di dalam air kelapa terkandungan asam laurat yang dapat menyembuhkan peradangan serta menjaga keasaman lambung.

Alangkah baiknya tidak mencampurkan air kelapa dengan es ataupun gula tambahan agar menjadi minuman yang sehat ketika buka puasa.

17. Air Mineral (air putih)

air minuman buka puasa
pixabay.com

Tentunya puasa akan membuat tubuh kita mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, saat berbuka puasa  dan juga juga saat sahur, minumlah air putih sebanyak 2 – 3 gelas. Hal ini untuk menjaga supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi yang begitu berlebih, yang mana hal tersebut akan mengganggu fungsi tubuh kita.

“Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga Allah SWT meridhoi semua amal ibadah serta mengampuni segala dosa dan kekhilafan yang telah kita perbuat”

Bagaimana Menurutmu?