Materi Macam Planet Terlengkap [Gambar Fantastik]

macam macam planet, tata surya
pixabay.com

Macam-macam Planet – Tata Surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut sebagai Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet dengan orbit berbentuk elips, lima planet katai (kerdil), 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit seperti meteor, asteroid, komet  dan yang lainnya.

Pada artikel kali ini admin akan bahas mengenai pengertian planet, syarat planet, klasifikasi planet, macam-macam planet beserta ciri-ciri dan yang terakhir sebab pluto sudah tidak termasuk dari kelompok planet. Berikut penjelasannya.

Pengertian Planet

Secara Umum, Planet adalah benda langit yang mengorbit (mengelilingi) suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Contohnya Bumi yang mengorbit pada Matahari. Planet juga bagian dari anggota tata surya dengan ciri-ciri tertentu.

Rotasi dan Revolusi

Rotasi merupakan perputaran planet mengitari porosnya sendiri. Sedangkan revolusi merupakan perputaran sebuah planet dalam orbitnya mengitari matahari.

Mengapa planet tidak bertabrakan? karena setiap planet memiliki orbit atau lintasan maya yang berbentuk elips. Setiap planet tetap pada orbitnya yang mana hal ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi Matahari. Semakin jauh dari matahari maka akan semakin panjang orbit dari planet tersebut

Syarat Planet

Pada tanggal 24 Agustus 2006 diterbitkannya resolusi IAU yang menetapkan definisi kata “planet” secara resmi. Menurut resolusi tersebut, ada 3 syarat utama agar suatu objek dapat dianggap sebagai “planet”:

  1. Objek tersebut harus mengorbit pada Matahari.
  2. Objek tersebut memiliki massa yang cukup untuk menciptakan medan gravitasi (gravitational field) sendiri. Lebih spesifiknya, gravitasinya harus mengubah bentuk objek tersebut ke dalam keadaan kesetimbangan hidrostatis (tekanan air).
  3. Objek tersebut harus membersihkan lingkungan (dominansi orbital) di sekitar orbitnya.

Ada 8 planet yang memenuhi sarat di atas yaitu Merkurius, Venus, Mars, Bumi, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sedangkan pluto tidak dianggap karena tidak memenuhi syarat yang ke 3.

Perbedaan Jenis Planet Luar dan Planet Dalam

macam macam planet, tata surya
pixabay.com

Dari delapan planet tersebut dikelompokkan menjadi 2, yaitu pelanet dalam dan planet luar. Berikut perbedaannya ditinjau dari segi posisi, ukuran, kepadatan permukaan, rotasi planet dan cicin planet.

A. Posisi

Kelompok Planet Dalam adalah planet-planet yang posisinya paling dekat dengan Matahari yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan kelompok Planet Luar adalah planet yang terjauh dari Matahari, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kelompok Planet Luar juga disebut dengan Gas Giant (Gas Raksasa).

Planet dalam dan planet luar dipisahkan oleh sabuk asteroid (asteroid belt), di mana ada ribuan asteroid yang mengelilingi matahari di antara Planet Mars dan Jupiter.

B. Ukuran

Kelompok planet dalam terdiri dari planet-planet dengan ukuran kecil. Planet terkecil di kelompok ini adalah Planet Merkurius yang diameternya sekitar 4,878 km. Sedangkan planet terbesarnya yaitu Planet Bumi yang diameternya sekitar 12,756 km.

Sedangkan Kelompok Planet Luar terdiri dari planet-planet besar, bahkan Neptunus yang merupakan planet terkecil di Planet Dalam memiliki diameter yang jauh lebih besar dibandingkan dengan diameter Bumi, yaitu berkisar 49,552 km.

Ukuran tersebut merupakan 4 kali lebih besar dari ukuran Bumi. Jupiter merupakan planet terbesar di kelompok Planet Luar dan sekaligus planet terbesar di tata surya. Planet Jupiter berdiameter sekitar 142,985 km.

C. Kepadatan Permukaan

Kelompok Planet Dalam memiliki permukaan yang berupa benda padat. Sehingga jika dilihat berdasarkan teori ini, kita hanya bisa berdiri di atas permukaan Planet Dalam. Namun, jika dilihat berdasarkan tinggi suhunya, kita hanya mungkin berdiri di atas Bumi. Karena Merkurius dan Venus terlalu panas, dan di Mars sebaliknya memiliki suhu yang sangat dingin.

Sedangkan permukaan Planet Luar tersusun dari udara atau gas. Memang ada juga permukaan padat ataupun cair, namun jumlahnya sangat kecil dan itu berada di bagian yang paling dalam, bukan berada di bagian permukaan planetnya.

D. Rotasi Planet

Planet Dalam berotasi (berputar) cukup pelan pada sumbunya jika dibandingkan dengan Planet Luar. Dalam kelompok ini, planet yang berotasi paling pelan adalah Venus karena membutuhkan waktu 243 hari untuk berotasi. Sedangkan yang tercepat adalah planet bumi, yaitu sekitar 23 jam 56 menit.

Sedangkan Planet Luar, meskipun klompok ini yang memiliki planet berukuran besar, tapi berputarnya sangat cepat. Planet dalam kelompok ini yang paling lambat berputar adalah Planet Uranus dengan waktu 17 jam 15 menit. Sedangkan planet yang tercepat yaitu Planet Jupiter karena hanya membutuhkan waktu 9 jam 55 menit.

Karena rotasinya yang sangat cepat, planet Saturnus dan Uranus terlihat agak gepeng. Ini karena di daerah khatulistiwa atau ekuator lebih besar dibandingkan dengan area atas dan bawahnya.

E. Cincin Planet

Semua Planet Luar memiliki cincin (planetary ring), ini berbeda dengan Planet Dalam yang tidak memiliki cincin sama sekali. Cincin yang mengelilingi Planet Luar merupakan satelit yang hancur karena adanya gaya gravitasi.

Meskipun semua Planet Luar memiliki cincin, tetapi hanya Planet Saturnus yang cincinnya terlihat jelas bahkan dapat kita lihat dari bumi. Ini karena Saturnus memiliki cincin yang lebih padat dibandingkan dengan cincin yang dimiliki planet-planet lainnya di kelompok Planet Luar.

Macam-macam Planet dan Ciri-ciri Planet

1. Planet Merkurius (Mercury)

Merkurius : macam macam planet
pixabay.com

Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari dan juga terkecil dalam tata surya. Mirip dengan Bulan, Merkurius mempunyai banyak kawah dan juga satelit alami serta atmosfer.

Merkurius memiliki inti besi yang menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0.1% dari kekuatan medan magnet bumi. Jarak merkurius dengan matahari 57 juta km, dan jarak Merkurius dengan Bumi 92 juta km.

Berikut tabel data keterangan Planet Merkurius :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Merkurius
2 Kala Rotasi 59,0 Hari
3 Kala Revolusi 88,0 Hari
4 Atmosfer Uap Natrium, Kalium Yang Tipis
5 Satelit Alam
6 Jarak Di Matahari 57,9 Juta km
7 Diameter Planet 4,879 km
8 Warna Planet Hitam Keputih-Putihan
9 Suhu Siang 430°C
10 Suhu Malam -170°C
11 Kelompok Planet Dalam

2. Planet Venus

Venus : macam macam planet
pixabay.com

Venus adalah planet terdekat kedua dengan matahari setelah planet Merkurius. Planet ini beradius 6.052 km. Seperti halnya merkurius planet ini juga dapat dilihat oleh manusia dengan mata telanjang, venus biasanya terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, sehingga venus disebut bintang timur atau bintang pagi.

Kadang-kadang juga venus terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, sehingga venus dinamakan bintang barat, bintang senja, atau bintang kejora. Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain yang ada di tatasurya. Selain itu, jangka waktu rotasi Planet Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.

Berikut tabel data keterangan Planet Venus :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Venus
2 Kala Rotasi 244,0 Hari
3 Kala Revolusi 224,7 Hari
4 Atmosfer Karbon Dioksida (CO2), Nitrogen
5 Satelit Alam
6 Jarak Di Matahari 108,2 Juta km
7 Diameter Planet 12.140 km
8 Warna Planet Coklat Keputihan
9 Suhu Siang 500°C
10 Suhu Malam -200°C
11 Kelompok Planet Dalam

3. Planet Bumi (Earth)

Bumi : macam macam planet
pixabay.com

Bumi diketahui merupakan satu-satunya planet yang sampai saat ini terdapat kehidupan makhluk hidup. Diameter bumi adalah 12.756 Km (di Katulistiwa). Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 Juta Km. Jarak tersebut dikenal dengan Satuan Astronomis (SA).

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Berbeda dengan venus dan merkurius, di bumi terdapat satelit alam yang selalu mengelilinginya yaitu bulan. Bulan selalu mengikuti bumi dalam berevolusi mengelilingi matahari.

Berikut tabel data keterangan Planet Bumi :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Bumi
2 Kala Rotasi 23,9 Jam
3 Kala Revolusi 365,3 Hari
4 Atmosfer N2, O2, ARGON, CO2, OZON, Gas lain
5 Satelit Alam (1) Bulan
6 Jarak Di Matahari 150 Juta km
7 Diameter Planet 12,756 km
8 Warna Planet Biru Kehijauan
9 Suhu Siang 30°C
10 Suhu Malam 10°C
11 Kelompok Planet Dalam

4. Planet Mars

Mars : macam macam planet
pixabay.com

Mars merupakan planet terdekat keempat dari Matahari. Planet ini terkenal sebagai planet merah karena penampakannya yang kemerah-merahan. Lingkungan Planet Mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan Planet Venus.

Walaupun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar adalah karbondioksida, mengharuskan manusia untuk menggunakan alat bantu pernapasan jika ingin tinggal di sana.

Berikut tabel data keterangan Planet Mars :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Mars
2 Kala Rotasi 24,62 Jam
3 Kala Revolusi 687 Hari
4 Atmosfer Karbon Dioksida , Nitrogen, Oksigen, Argon, Gas lain
5 Satelit Alam (2) Phobos dan Deimos
6 Jarak Di Matahari 230 Juta km
7 Diameter Planet 6.790 km
8 Warna Planet Merah Kehitaman
9 Suhu Siang 6°C
10 Suhu Malam -70°C
11 Kelompok Planet Dalam

5. Planet Yupiter (Jupiter)

Jupiter : macam macam planet
pixabay.com

Yupiter atau Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Jarak rata-rata antara Jupiter dan Matahari 778,3 juta km. Jupiter merupakan planet terberat dan terbesar dengan diameter ekuatornya 14.980 km dan memiliki massa 318 kali dengan massa bumi serta volume Jupiter 1.319 kali dengan volume Bumi.

Berikut tabel data keterangan Planet Jupiter :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Jupiter
2 Kala Rotasi 9,8 Jam
3 Kala Revolusi 11,86 tahun
4 Atmosfer Hidrogen, Helium, Metana, Air, Etana, dsb
5 Satelit Alam (63) di antaranya Europa, Ganymede, Callisto
6 Jarak Di Matahari 778,3 Juta km
7 Diameter Planet 14.980 km
8 Warna Planet
9 Suhu Siang 21°C
10 Suhu Malam -140°C
11 Kelompok Planet Luar

6. Planet Saturnus (Saturn)

Saturnus : macam macam planet
pixabay.com

Saturnus adalah planet yang memiliki cincin yg di kenal di tatasurya. Jarak Planet Saturnus sangat jauh dari Matahari, maka dari itu Planet Saturnus tampak tidak terlalu jelas dari Bumi. Kerapatan Saturnus rendah, itu dikarenakan sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan.

Inti Saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat dengan atmosfer tersusun dari gas amonia dan metana, hal ini tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus.

Berikut tabel data keterangan Planet Saturnus :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Saturnus
2 Kala Rotasi 10 Jam 14 menit
3 Kala Revolusi 29,46 Tahun
4 Atmosfer Hidrogen, Helium, Metana, Air, Etana, dsb
5 Satelit Alam (56) di antaranya Dione, Rhea, Titan
6 Jarak Di Matahari 1,4 milyar km lebih
7 Diameter Planet 60.268 km
8 Warna Planet Kuning keputihan
9 Suhu Siang Rata-rata -190°C
10 Suhu Malam Rata-rata -190°C
11 Kelompok Planet Luar

7. Planet Uranus

Uranus : macam macam planet
pixabay.com

Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan planet yang terberat keempat dan terbesar ketiga dalam Tata Surya. Jarak rata-rata antara Uranus dengan Matahari adalah sekitar 3 milyar km. Uranus mempunyai massa 14,5 kali dengan massa Bumi.

Uranus merupakan planet yang paling ringan diantara planet-planet raksasa, sementara itu mempunyai kerapatan 1,27 g/cm³ membuatnya planet paling tidak padat kedua setelah Saturnus. Meskipun bergaris-tengah sedikit lebih besar daripada Neptunus, Uranus memiliki diameter mencapai 51.118 km.

Berikut tabel data keterangan Planet Uranus :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Uranus
2 Kala Rotasi 17,25 Jam
3 Kala Revolusi 84 tahun
4 Atmosfer Hidrogen, Helium, Metana, Air, Amonia, dsb
5 Satelit Alam (27) di antaranya Miranda, Ariel, Umbriel
6 Jarak Di Matahari 3 milyar km
7 Diameter Planet 51.118 km
8 Warna Planet hijau dan biru
9 Suhu Siang Rata-rata -180°C
10 Suhu Malam Rata-rata -180°C
11 Kelompok Planet Luar

8. Planet Neptunus (Neptune)

Neptunus : macam macam planet
pixabay.com

Neptunus adalah planet terjauh kedelapan dari Matahari. Neptunus mempunyai jarak rata-rata dengan Matahari sebesar 4.450 juta km. Neptunus mempunyai diameter mencapai 49.530 km dan mempunyai massa 17,2 massa Bumi. Bentuk planet ini menyerupai dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun Neptunus adalah besi dan unsur berat lainnya.

Berikut tabel data keterangan Planet Neptunus :

NO MACAM KETERANGAN
1 Nama Planet Neptunus
2 Kala Rotasi 16,1 Jam
3 Kala Revolusi 164,8 tahun
4 Atmosfer Hidrogen, Helium, Metana, Air, Amonia, dsb
5 Satelit Alam (8) 3 diantaranya Triton, Proteus, Nereid
6 Jarak Di Matahari 4.450 juta km
7 Diameter Planet 49.530 km
8 Warna Planet biru
9 Suhu Siang Rata-rata -220°C
10 Suhu Malam Rata-rata -220°C
11 Kelompok Planet Luar

Pembahasan Planet Pluto

Pluto : macam macam planet
pixabay.com

Kenapa Pluto tidak termasuk dari planet dalam tata surya? Berikut ini penjelasannya.

Pluto yang telah menjadi anggota keluarga dalam Planet Tata Surya selama 76 tahun dikeluarkan karena konsekuensi ditetapkannya definisi baru tentang planet. Resolusi 5A Sidang Umum IAU Ke-26 berisi definisi baru tersebut.

Dari resolusi tersebut menetapkan 3 syarat sebuah objek dapat dikatakan planet.

  1. Objek tersebut berada dalam orbit yang mengitari Matahari.
  2. Kedua, memiliki massa yang cukup terhadap gravitasinya sendiri sehingga memiliki bentuk yang hampir bulat.
  3. Sedangkan yang terakhir, orbit dan kawasan di sekitarnya harus bersih dari objek-objek angkasa lainnya.

Pluto berhasil memenuhi 2 syarat yang disebutkan pertama, namun gagal di poin ke-3 karena ia berada di Sabuk Kuiper yang merupakan sebuah kawasan di Tata Surya yang berisikan banyak objek bermaterialkan es.

Selain itu pluto juga hanya memiliki massa 0,07 kali massa objek-objek lain di orbitnya (sebagai perbandingan, massa Bumi 1,7 juta kali lipat massa objek yang tersisa pada orbitnya).

IAU juga memutuskan bahwa benda-benda seperti Pluto yang tidak memenuhi syarat ketiga akan dikelompokkan sebagai planet katai (planet kerdil).

Pada tanggal 13 September 2006, IAU memasukkan Pluto dan Eris beserta sateltinya, Dysnomia, ke
Katalog Planet Kecil (Minor Planet Catalogue). Masing-masing diberi penanda resmi planet kecil “(134340) Pluto”, “(136199) Eris”, dan “(136199) Eris I Dysnomia”. Apabila Pluto diberi penanda saat ditemukan, angka penandanya sekitar 1.164, bukan 134.340.

Itulah sebabnya mengapa pluto tidak dikatagorikan lagi sebagai sebuah planet. Walaupun demikian, perdebatan mengenai status tersebut masih terus bergulir.

 

Bagaimana Menurutmu?