Arti Lambang Logo PMR (Penjelasan Terlengkap)

Logo PMR Siamo Tutti Fratelli Sobat, pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai lambang ataupun logo kepalangmerahan khususnya PMR. Tapi sebelumnya tahukah sobat apa fungsi dari lambang?

Lambang Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah memiliki dua fungsi yang merupakan sebagai pedoman pelindung dan pedoman pengenal internasional.

Konvensi Jenewa 1949 sebagai bagian Regulasi Humaniter Internasional (HHI), mengenal adanya prinsip pembedaan, merupakan prinsip untuk membedakan kombatan (peserta tempur) dan non kombatan (bukan peserta tempur), seperti penduduk sipil dan kesatuan medis militer.

Di Indonesia sendiri mempunyai lembaga kepalangmerahan nasional yaitu Palang Merah Indonesia.

Penerapan Identitas Palang Merah Indonesia (PMI)

PMI (Palang Merah Indonesia) telah diketahui sebagai lembaga sosial kemanusiaan terbesar di Indonesia. Kiprahnya dalam menolong pemerintah dalam penanggulangan petaka, donor darah, serta bidang kesehatan lainnya telah diakui.

Untuk itu, sebagai organisasi yang netral dan mandiri, PMI mesti senantiasa tetap menunjukkan sosok organisasi yang modern dan profesional. Konsistensi dan profesionalitas itu tak hanya dihasilkan dalam kualitas pelayanan, melainkan juga dalam hal bagaimana menunjukkan identitas PMI secara utuh.

Untuk itu perlu diatur seputar:

  1. Standar logo PMI
  2. Regulasi pemakaian
  3. Komposisi

Konsistensi logo PMI merupakan bagian penting dari pengatan karakter PMI. Konsistensi logo tersebut dapat diaplikasikan dalam beraneka bentuk, seperti pemakaian seragam, kendaraan, dan sebagainya.

Logo PMI

gambar lambang logo pmi
id.wikipedia.org

Arti-arti dari lambang PMI

  1. Segi lima merah melambangkan pancasila
  2. Warna dasar putih melambangkan kesucian
  3. Petunjuk palang merah melambangkan bendera negara swiss. Petunjuk merupakan negara pertama yang mendirikan organisasi kemanusiaan di dunia. Negara swiss juga diketahui netral ketika perang dunia berlangsung, korban dari pihak manapun tetap ditolong.

Palang Merah Remaja (PMR)

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan sebuah wadah yang disediakan PMI untuk remaja di sekolah atau lembaga pendidikan normal dalam kepalangmerahan melalui program kegiatan ekstra kurikuler.

Di Indonesia dikenal ada 3 tingkatan PMR sesuai dengan jenjang pendidikan atau usianya dan dari ketiganya memiliki warna lambang yang berbeda.

  1. PMR Mula merupakan PMR dengan tingkatan setara dengan pelajar Sekolah Dasar (SD) atau umur sekitar 10-12 tahun. Warna sleyer Hijau.
  2. PMR Madya merupakan PMR dengan tingkatan setara dengan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau umur sekitar 12-15 tahun. Warna sleyer Biru Langit.
  3. PMR Wira merupakan PMR dengan tingkatan setara dengan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau umur sekitar 15-17 tahun. Warna sleyer Kuning cerah.

Logo PMR

Logo atau lambang PMR terdiri dari tiga bagian yaitu:

  1. Lambang PMI

Palang merah yang dilingkari kelopak bunga melati putih menunjukan bahawa PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh PMI.

  1. Perisai

Perisai adalah alat pertahanan dalam pertempuran. Melambangkan bahwa remaja adalah salah satu pelindung kelangsungan hidup manusia yang dengan mengedepankan rasa kemanusiaan untuk menolong sesama.

  1. Tulisan

Tulisan palang merah remaja indonesia, yang menunjukan bahwa nama organisasi wadah pembinaan para remaja ini dan keberadaannya ada di Negara Indonesia.

LOGO PMR MULA (Tingkat SD)

gambar lambang logo pmr mula sd
gambar lambang logo pmr mula sd

Lambang PMR Mula memiliki warna perisai hijau yang melambangkan tunas baru yang ingin tumbuh dan masih segar dan terbuka untuk mendapat tuntunan dan bimbingan.

  1. Segi Lima merah melambangkan Pancasila.
  2. Warna dasar hijau menunjukkan ‘warna dasar PMR Mula’.
  3. Segi lima putih melambangkan ‘Panca Satya PMR’.
  4. Warna dasar putih melambangkan ‘Kesucian”.
  5. Petunjuk Palang Merah melambangkan ‘Bendera Negara Swiss”.

LOGO PMR MADYA (Tingkat SMP)

gambar lambang logo madya smp
pmrmadya-pamulihan2.blogspot.com

Logo PMR Madya memiliki perisai berwarna biru yang melambangkan remaja yang memiliki kepercayaan diri, kejernihan dalam berpikir dan kebahagiaan.

  1. Segi Lima merah melambangkan Pancasila.
  2.  Warna dasar biru menunjukkan ‘warna dasar PMR Madya’.
  3.  Segi lima putih melambangkan ‘Panca Satya PMR’.
  4. Warna dasar putih melambangkan ‘Kesucian”.
  5. Tanda Palang Merah melambangkan ‘Bendera Negara Swiss”. “Negara Swiss adalah Negara yang

LOGO PMR WIRA (Tingkat SMA)

gambar lambang logo pmr wira sma
smkn3profil.blogspot.com

Lambang PMR Wira mempunyai perisai berwarna kuning yang melambangkan remaja yang bersifat optimis, bijaksana, dan bersemangat untuk mencapai kejayaan (tujuan).

  1. Segi Lima merah melambangkan Pancasila.
  2.  Warna dasar kuning menunjukkan ‘warna dasar PMR Wira’.
  3.  Segi lima putih melambangkan ‘Panca Satya PMR’.
  4.  Warna dasar putih melambangkan ‘Kesucian”.
  5.  Tanda Palang Merah melambangkan ‘Bendera Negara Swiss”.

Gambar Logo PMR Keren

Selain logo-logo PMR di atas, beberapa sekolah mempunyai ciri khas logo tersendiri dari organisasi PMR-nya. Logo tersebut bisa dikreasikan sendiri oleh siswa dan bisa juga dengan memesannya pada jasa pembuatan logo profesional.

Berikut beberapa contoh logo

gambar logo PMR Wira Cakra Kencana Mamifda Bulungan
gambar logo PMR Wira Cakra Kencana Mamifda Bulungan
contoh lambang logo pmr
pmrsmkn3garut.wordpress.com
contoh lambang logo pmr
pmrbhaktiwirapersadayktb.blogspot.com
logo omr keren
pmrypt.wordpress.com

Baca juga : Penjelasan Lambang PMI Super Lengkap!

Demikianlah artikel tentang logo PMR yang bisa admin bagikan. Walaupun tulisan ini semrawut, semoga bisa bermanfaat untuk sobat pembaca.

Siamo Tutti Frattelli!

Admin,

 

 

Bagaimana Menurutmu?