Pembagian Jenis Kura-kura Di Dunia Terlengkap [Beserta Gambar]

Jenis Kura-kura – Kura-kura merupakan salah satu jenis reptil yang banyak digemari sebagai hewan peliharaan. Ciri khasnya terdapat pada tempurungnya yang mempunyai berbagai macam bentuk dan corak warna.

Pada tubuh Kura Kura terdapat tempurung yang terdiri dari dua bagian. Salah satu bagian dari tempurungnya menutupi sisi punggung disebut dengan karapas (carapace), sedangkan pada tempurung lapisan bawah ventral atau perut disebut dengan plastron.

Perlu kita ketahui jenis kura-kura terbagi menjadi tiga yaitu kura-kura darat (Tortoises), kura-kura air tawar (freshwater turtles), ada juga kura-kura laut atau penyu (sea turtles). Nah, pada artikel kali ini admin akan membahas ke-tiga jenis kura-kura tersebut.

Jenis Kura Kura Darat (Tortoise)

Kura-kura darat adalah kura-kura yang lingkungan hidupnya berada di darat. Kura-kura ini merupakan sebuah famili Testudinidae, di bawah ordo testudinata (kura-kura). Di Indonesia sendiri memiliki 2 spesies asli, yaitu Baning Coklat (Manouria emys) dan Baning Sulawesi (Indotestudo forsteni).

Tortoise Memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan kura-kura jenis-jenis lain diantaranya kaki pendek dan kokoh dengan kakinya yang bengkok, Memiliki cangkang yang besar dengan permukaan karapas yang lonjong atau tidak rata, mirip seperti dome.

Memelihara kura-kura darat relatif lebih mudah dibandingkan dengan penyu. Sebagai hewan purba umur kura-kura yang mampu bertahan hidup hingga 80-150 tahun juga menjadi nilai lebih. Makanan kura-kura darat juga mudah untuk didapatkan karena sebagian besar kura-kura jenis ini termasuk hewan herbivora yang suka makan sayuran dan tumbuh-tumbuhan.

Berikut beberapa jenis kura-kura darat :

Kura Kura Sulcata

jenis kura kura sulcata
ednadisnak.blogspot.com

Kura-kura sulcata mempunyai nama latin African Spurred Tortoise (Centrochelys sulcata). Spesies ini berhabitat di ujung sebelah selatan dari Gurun Sahara, Afrika Utara. Merupakan spesies kura-kura terbesar yang ketiga di dunia dan termasuk dalam sepesies Genus Centrochelys.

Berat tubuh kura-kura ini mencapai 105kg sedangkan panjang tubuhnya bisa mencapai 83cm dan panjang usianya bisa berkisar 50 hingga 150 tahun.

Sebutan “sulcata” berasal dari bahasa Latin ‘Succus’ yang berarti “kerutan”, yang menunjuk pada kerutan-kerutan di sisiknya.

Kura Kura Raksasa Aldabra (Aldabrachelys gigantea)

jenis jenis kura kura aldabra
hiburan.babe.news

Seperti dengan namanya kura-kura ini berasal dari Pulau Aldabra. Kura-kura ini merupakan salah satu spesies kura-kura terbesar di dunia. Kura-kura jenis ini juga termasuk hewan yang memiliki usia terpanjang dibandingkan hewan-hewan lainnya. Seekor kura-kura Aldabra bisa mencapai usia 255 tahun.

Kura-kura aldabra memiliki cangkang yang berbentuk seperti kubah besar, berguna bagaikan baju zirah yang melindungi tubuhnya dari bagian atas hingga ke bawah. Hewan ini juga memiliki leher yang sangat panjang, sehingga cukup baginya untuk meraih dedaunan yang berada di dahan pohon yang lebih tinggi.

Rata-rata panjang tubuh kura-kura jantan Aldabra dapat mencapai 1,1 meter, sedangkan panjang tubuh betina dapat mencapai sekitar 0,9 meter. Tubuh kura-kura jantan memiliki bobot yang mencapai hampir 100kg lebih berat dibandingkan dengan tubuh kura-kura betina.

Kura Kura Galapagos

kura kura galapagos
pixabay.com

Kura-kura galapagos atau kura-kura raksasa galapagos merupakan spesies kura-kura terbesar yang masih hidup. Kura-kura galapagos modern beratnya bisa mencapai 919 lb (417 kg).

Kura-kura Galapagos merupakan salah satu dari makhluk yang hidup paling lama di bumi. Umur kura-kura tersebut sering kali melebihi dari 100 tahun lamanya.

Penelitian menunjukkan salah satu penyebab panjang umur kura-kura Galapagos karena memiliki gen yang mampu melawan kanker hingga sistem imun yang bagus.

Radiated Tortoise (Astrochelys radiata)

enis jenis kura kura Radiated Tortoise
en.wikipedia.org

Merupakan jenis kura-kura darat yang relative besar di Pulau Madagaskar. Di Madagaskar sendiri spesies ini dikenal dengan nama Sokake. Spesies ini dianggap sebagai satu-satunya spesies yang terindah di antara spesies-spesies kura-kura darat lainnya. Spesies ini merupakan jenis peliharaan yang terkenal eksotik.

Panjang karapas dari kura-kura ini bisa mencapai 41cm dengan berat 16kg. Kura-kura jantan dapat dikenali dengan ekornya yang lebih panjang dari pada betina.

Karena kecantikannya, populasi spesies ini semakin menipis. Diduga, 45.000 spesies ini dibunuh setiap tahunnya sebagai makanan. Selain itu, keindahan kura-kura ini membuatnya sering diperdagangkan secara illegal. Karena itu kini mereka menjadi spesies yang dilindungi di dunia.

Indian Star Tortoise / Istar (Geochelone elegans)

jenis jenis kura kura istar
m.quibicle.id

Seperti namanya Indian Star atau yang biasa disebut ‘Istar’ oleh pencinta kura-kura merupakan spesies dengan corak bintang di karapasnya dan berasal dari daerah India hingga Sri Lanka.

Coraknya hampir sama dengan radiata, namun pancaran garisnya lebih jarang daripada Radiata. Karapasnya tidak terlalu menjulang dan sering terlihat piramida pada Istar ukuran dewasa. Ukuran Istar bisa mencapai 38 cm dengan berat mencapai 8 kg.

Makanan kura-kura Istar adalah rerumputan segar, buah, bunga dan kaktus. Mereka juga memakan serangga tapi jika dipelihara jangan sekali kali diberi serangga. Mereka rentan terkena pilek jika udara terlalu dingin. Jadi kura-kura ini perlu pemeliharaan dan perhatian ekstra.

Harga Istar ukuran baby berkisar antara Rp 800.000 – Rp 1000.ooo. Namun jika sedang banjir maka harga bisa turun sampai kisaran Rp 500.000, tapi tetap berhati hati dalam memilihnya.

Red-Footed Tortoise (Chelonoidis carbonarius)

jenis jenis kura kura kakik merah
pinterest.com

Kura-kura kaki merah (Chelonoidis carbonarius) merupakan spesies kura-kura dari Amerika Selatan. Kura Kura dewasa berukuran sedang mempunyai panjang rata-rata 30 cm (12 in), namun bisa lebih dari 40 cm (16 in).

Mereka memiliki karapas berwarna gelap dengan tambalan yang lebih enteng di tengah masing-masing sisik cangkang, dan anggota badan gelap dengan sisik berwarna terang, kuning pucat sampai merah gelap.

Habitat alami mereka mulai dari sabana sampai tepi hutan dekat Lembah Amazon. Mereka merupakan omnivora dengan diet dari sekian banyak  macam tanaman, buah. Mereka juga memakan rumput, bunga, jamur, bangkai, dan invertebrata.

Jenis Kura Kura Air Tawar

Jenis kura kura air tawar atau kura-kura sungai (freshwater tortoises) merupakan jenis kura-kura yang sebagian besar  keseharian waktunya dihabiskan di sungai (air tawar). Mereka muncul ke permukaan hanya untuk mengambil udara untuk bernapas. Selain itu terkadang juga mereka berjemur mengatur regulasi suhu tubuh. Kura-kura betina ke daratan juga untuk bertelur ketika pada musimnya.

Berikut beberapa jenis kura-kura air tawar :

Kura Kura Brazil 

jenis jenis kura kura brazil
pixabay.com

Kura-kura brazil atau Red Eye Slider (Trachemys scripta elegans) pertama di temukan di Amerika Serikat lalu di bawa ke Brazil untuk dipelihara, karena bosan beberapa kura-kura di brazil ini lepaskan ke alam bebas, tetapi hal ini menghasilkan spesies kura-kura ini berkembang dengan pesat.

Kura-kura Brazil ini memiliki semburat warna merah tepat di belakang mata, tempurung berwarna kehijauan dan tubuhnya berwarna hijau dengan garis kuning dan hijau muda yang mengikuti bentuk tubuhnya.

Bentuknya yang unik dan harga kura kura brazil yang terbilang mualdbrah membuat banyak orang di indonesia tertarik oleh keindahan kura-kura ini, terhitung kura-kura brazil menjadi kura-kura peliharaan terbanyak yang dimiliki orang-orang di Indonesia. Kura-kura brazil dijual dipasaran dengan harga Rp 20.000 – Rp 50.000.

Kura Kura Aligator

jenisjenis kura kura air tawar aligator
en.wikipedia.org

Kura-kura aligatir atau Alligator Snapping (Macrochelys temminckii) ini berasal dari Florida Panhadle bagian barat hingga Timur Texas. Kura-kura ini memiliki tempurung hitam yang berbentuk pyramid yang tidak terlalu tinggi dan ujungnya meruncing seperti duri, kepalanya memiliki mulit yang tajam, terdapat tonjolan seperti duri di bagian atas dan bawah rahang yang berfungsi untuk mencabik mangsanya.

Kura Kura Ambon (Cuora amboinensis)

jenis jenis kura kura air tawar ambon
kuraganteng.blogspot.com

Kura-kura ambon merupakan jenis kura-kura yang berasal dari Indonesia dan Asia. Kura-kura ini memiliki tempurung berwarna hitam yang menyerupai batok kelapa hitam. Bagian kepala maupun lehernya panjang dan kurus dibandingkan dengan tempurungnya yang bulat dan melengkung membentuk kubah oval.

Spesies ini memiliki garis kuning pada tepi kepala yaitu di atas mata, pipi, mulut dan di sepanjang tepi kakinya. Kaki kura-kura ini berwarna krem dengan bercak kehitaman, dapat dilipat ke dalam tempurung.

Labi-Labi Hutan atau Malayan Softshell (Dogania subplana)

jenis jenis kura kura labi labi
wikiwand.com

Malayan Softshell ini tersebar di beberapa kawasan Asia diantaranya Burma, Malaysia, Filipina, Singapura, dan termasuk juga Indonesia.

Kura-kura ini memiliki ukuran hanya dapat mencapai 250 – 400 mm. Ciri khas dari spesies ini adalah memiliki ujung moncongnya yang runcing, berbentuk corong memanjang yang pipih, dan biasa muncul pada permukaan air.Tempurungnya berwarna abu-abu kehitaman, kecoklatan atau kemerahan bercorak bintik-bintik hitam halus.

Spiny softshell (Apalone spinifera)

jenis jenis kura kura air tawar Spiny softshell (Apalone spinifera)
aboutanimals.com

Spiny softshell ini berasal dari Amerika Utara. Kura-kura ini dapat tumbuh mencapai 18 inchi, memiliki tempurung yang berwarna hitam dan datar, dengan garis kuning kehijauan melingkari tepinya. Di bagian kepala kura-kura ini memiliki moncong runcing. Terdapat dua garis kuning kehijauan yang terdapat mulai dari belakang mata hingga leher dan dari rahang bawah hingga leher.

Jenis Kura Kura Laut / Penyu (Sea Tortles)

Kura-kura laut (Sea Tortles) atau sering kita kenal dengan nama Penyu merupakan hewan yang mempunyai tempurung sama halnya kura-kura darat namun habitat aslinya di laut. Di dunia ini ada 7 jenis dari spesies penyu. Enam dari tujuh penyu tersebut dapat ditemui di Indonesia.

Para ilmuwan mengenali tujuh spesies penyu yang hidup, yang dikelompokkan menjadi enam genus. Setiap penyu memiliki nama ilmiah dan nama umum. Nama ilmiah mengidentifikasi genus dan spesies, dan nama umum biasanya menggambarkan beberapa karakteristik tubuh kura-kura.

Berikut beberapa jenis penyu :

Penyu Belimbing

jenis jenis penyu belimbing
dictio.id

Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) merupakan jenis penyu yang memiliki tubuh besar. Panjang tubuhnya dapat mencapai 180 cm dan beratnya sekitar 500 kg. Penyu ini memiliki warna hitam dan memiliki bintik putih di sekujur tubuhnya. Sesuai namanya, penyu ini memiliki tempurung seperti belimbing.

Penyu belimbing hidup  di Indonesia bagian timur (Irian Jaya dan Maluku) dan Kepulauan Solomon. Penyu ini suka makan cumi-cumi, ubur-ubur dan juga tunicates (invertebrata seperti ubur-ubur laut). Berdasarkan data dari WWF, saat ini hanya tersisa 2.300 penyu belimbing betina. Jumlah tersebut akan terus berkurang, jika masyarakat masih memburu hewan ini.

Penyu Hijau

jenis jenis penyu hijau
merdeka.com

Penyu Hijau (Chelonia mydas)  merupakan penyu yang paling sering  dijumpai. Besar tubuhnya bervariasi, mulai dari 80 hingga 150 cm. Beratnya dapat mencapai 132 kg. Walaupun namanya penyu hijau, tetapi warna aslinya kuning kehijauan atau cokelat hitam gelap. Jika dilihat dari atas, tempurungnya berbentuk oval, mirip dengan bentuk telur.

Saat masih menjadi tukik (bayi penyu), penyu hijau termasuk ke dalam omnivora yang memakan hewan lain, seperti ubur-ubur. Ubur-ubur yang dimakan tersebut dapat membantu pertumbuhan tubuh mereka.

Setelah dewasa, penyu hijau berubah menjadi herbivora, jadi hanya makan tumbuhan, seperti alga. Perubahan dari omnivora menjadi herbivora terjadi secara bertahap.

Penyu hijau dapat ditemukan di banyak tempat, mulai dari India, Afrika, Asia Tenggara, Mediterania, hingga Pesisir Inggris. Tapi sayang, berdasarkan data WWF, setiap tahun-nya ada 100.000 ekor penyu hijau yang ditangkap di daerah Indo-Australia. Penyu yang ditangkap tersebut biasanya diawetkan dan dijadikan cinderamata.

Penyu Sisik

jenis jenis penyu sisik
blog.gogonesia.com

Ukuran Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) bisa mencapai 100 cm dengan berat 127 kg. Ciri khas dari penyu ini adalah cangkangnya yang terlihat seperti susunan sisik (skat)  dan mulutnya yang runcing. Mulut runcing tersebut bisa digunakan untuk menjangkau makanan di sela-sela karang.

Penyu sisik merupakan hewan omnivora, tetapi makanan utama mereka adalah spons laut. Hewan lain yang menjadi makanan penyu sisik adalah ctenofora, alga, cnidaria dan juga ubur-ubur. Penyu sisik dapat ditemukan di beberapa daerah Indonesia, seperti Bangka Belitung, Riau, Kepulauan Seribu, Kalimantan dan pulau-pulau di bagian Timur Indonesia.

Penyu sisik merupakan hewan yang dilindungi, karena rentan mati. Berdasarkan keterangan yang ada di WWF, kemampuan bertahan penyu sisik tidak sekuat penyu hijau. Itulah sebabnya  jumlah penyu sisik lebih sedikit, dibandingkan penyu hijau.

Penyu Pipih

jenis jenis penyu pipih
zonaikan.wordpress.com

Sesuai namanya, penyu pipih (Natator depressus)  mempunyai tempurung yang lebih rendah daripada penyu jenis lain. tempurung penyu pipih juga lebih lembut dibandingkan dengan penyu lainnya. Tempurung yang rendah dan lembut itu dapat menambah kecepatan berenang mereka.

Penyu pipih dapat ditemukan di Papua Nugini, Australia dan Indonesia. Namun, sarang mereka hanya bisa ditemukan di Australia. Makanan mereka adalah lamun, udang, dan ikan. Selain itu, mereka juga memakan teripang, koral dan makhluk lain yang bertubuh lunak.

Sayangnya, tempat tinggal penyu pipih ini banyak yang rusak karena pembangunan industri. Jika dibiarkan, lama-kelamaan habitat mereka bisa hilang. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kehidupan mereka nanti.

Penyu Lekang

jenis jenis penyu lekang
id.wikipedia.org

Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) juga dikenal dengan nama olive ridley sea turtle (penyu belimbing pasifik). Panjang tubuhnya dapat tumbuh antara 60 sampai 70 cm dan beratnya bisa mencapai 50 kg. Sekilas penyu ini mirip dengan penyu hijau, tetapi bentuk kepalanya lebih besar.

Penyu sisik termasuk herbivora. Mereka biasanya memangsa ubur-ubur, uruochordata, invertebrata, bivalvia (kerang-kerangan), kepiting,  landak laut, keong, udang, udang batu, dan cacing sipunculid. Penyu ini dapat ditemukan di perairan hangat seperti Meksiko, India dan Bali.

Penyu ini sering tertangkap oleh nelayan. Selain itu, habitatnya juga banyak yang rusak karena pembangunan pemukiman di sekitar pantai.

Penyu Tempayan

jenis jenis penyu tempayan
intisari.grid.id

Penyu Tempayan (Caretta caretta) adalah penyu terbesar kedua, setelah penyu belimbing. Ukuran tubuhnya dapat mencapai lebih dari 90 cm dan beratnya sekitar 70 sampai 200 kg. Tempurung penyu jenis ini berwarna merah kecoklatan sedangkan kulitnya  berwarna kuning kecoklatan. Mereka juga memiliki kepala yang lebih kuat jika dibandingkan dengan penyu jenis lain.

Penyu tempayan termasuk omnivora, makanan mereka seperti keong, kerang-kerangan, sponges, udang, kepiting, coral, teripang, cacing polychaete, hingga bintang laut. Penyu ini dapat ditemukan di semua benua. Di Indonesia penyu ini hanya dapat ditemukan di perairan dan sampai saat ini, penyu tempayan belum pernah bertelur di pantai Indonesia.

Karena pemburuan penyu dan telur penyu masih sering terjadi maka IUCN Redlist memasukannya ke dalam hewan yang dilindungi.

Penyu Kemp’s Ridley

jenis jenis kura kura penyu Kemp's Ridley
infainity.blogspot.com

Penyu kemp’s ridley (Lepidochelys kempii) memiliki ukuran tumbuh dapat mencapai 90 cm dan berat 45 kg. Tempurung penyu ini berbentuk oval dan berwarna kuning keabu-abuan. Penyu ini biasanya memakan ikan, moluska, ubur-ubur, crustasea, alga, dan rumput laut. Penyu kemp’s ridley hanya dapat di temukan di Perairan Atlanta.

Jumlah penyu kemp’s ridley ini tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, menurut nationalgeographic.com, penyu ini termasuk hewan yang terancam punah. Pencemaran minyak di laut merupakan salah satu sebab yang bisa mengurangi jumlah penyu kemp’s ridley di bumi.

Kura Kura Ninja

gambar kura kura ninja
harnas.co

Teenage Mutant Ninja Turtles atau lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Ninja Kura-Kura adalah cerita fiksi tentang 4 ekor kura-kura mutan yang dilatih oleh shifu mereka yaitu Guru Splinter agar menjadi pahlawan ninja yang mahir. Di kota Manhattan yang merupakan tempat persembunyian sarang mereka, mereka melawan penjahat kakap, penjahat kecil dan makhluk asing, sambil memastikan diri mereka tidak diketahui masyarakat secara luas. Tokoh dari serial ini mula-mula muncul dalam buku komik, sebelumnya kemudian dilisensikan untuk dijadikan waralaba yang menghasilkan figur mainan, film dan serial kartun.

Demikianlah artikel mengenai jenis-jenis kura-kura yang dapat admin bagikan dan yang penutup terakhir ninja kura-kura just fun ya sobat, semoga bermanfaat bagi sobat pembaca.

 

Bagaimana Menurutmu?