IKAN MOLLY : Deskripsi, Jenis, Harga, Budidaya (Terlengkap)

pembahasan lengkap ikan molly
pixabay.com

Ikan Molly – merupakan salah satu dari ragam jenis ikan hias dari luar negeri yang lumayan banyak digemari banyak orang di berbagai negara termasuk Indonesia.

Kegemaran orang-orang terhadap ikan Molly dikarenakan ciri fisiknya yang cenderung unik dan jarang dimiliki jenis ikan hias lainnya. Tidak sulit Untuk pemeliharaan ikan molly ini serta mudah untuk berkembang biak.

Pada artikel kali ini admin akan membahas beberapa hal tetetang ikan molly, mulai dari deskripsi, asal mula, harga, cara memelihara, hingga jeni jenis ikan molly terpopuler.

Deskripsi Ikan Molly

jenis ikan molly
tokopedia.com

Ikan molly merupakan ikan hias air tawar yang memiliki warna-warna yang menarik. Ikan ini bersifat damai sehingga cocok untuk di satukan dalam komunitas akuarium, dan tidak diperlukan ukuran akuarium yang besar untuk ikan molly ini karena ukuran maksimal pada saat dewasa sekitar 12 cm.

Kepalanya berbentuk segitiga dengan mata yang besar dan mulut yang berukuran kecil. Pada bagian perutnya berukuran agak besar terlihat kembung atau mengembang.

Selain itu, ikan molly secara umum memiliki sirip yang tampak di bagian atas dan bawah badannya. Di bagian atas badannya terdapat satu sirip yang berukuran sedang dan tidak terlalu lebar. Pada bagian dekat perutnya juga memiliki sepasang sirip yang tidak terlalu lebar tapi berukuran cukup panjang.

Sedangkan ekornya berukuran tidak terlalu panjang dan cukup lebar menyerupai kipas. Tapi untuk beberapa jenis ikan molly di bagian tiap ujung ekor bawah dan atasnya berukuran jauh lebih panjang.

Ikan betina memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar dari jantan. Ikan ini termasuk omnivora artinya ikan ini menyukai semua jenis makanan baik itu pelet, blood worm (cacing beku), cacing rambut, dll.

Sejarah Ikan Molly

Meskipun awal mula atau sejarah ikan Molly berasal dari Mexico, namun kemudian perkembangannya merambah ke berbagai negara, termasuk di Indonesia. Tidak heran jika sekarang banyak pedagang ikan hias yang menyediakan ikan Molly. Hal itu kemungkinan karena adanya perdagangan ikan hias antar negara.

Nama latin ikan molly adalah Poelicia Latipinna Sailfin yang ditemukan oleh naturalis bernama Charles Alexandre Lesueur tahun 1821. Ia mengelompokkan ikan molly ke dalam jenis ikan air tawar yang awalnya hidup di New Orlens, Louisiana. Mulai tahun itu juga, ikan molly mulai dibudidaya dan dikembangkan menjadi beragam warna bahkan ukuran.

Setelah itu beberapa eksperimen sistem pembudidayaan ikan molly dikembangkan, seperti perkawinan silang dengan jenis ikan yang sama. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh kombinasi warna tubuh yang baru dan unik. Seiring perkembangan waktu, ikan molly bukan hanya dibudidayakan saja, ikan ini  juga diperjual-belikan ke berbagai daerah dan negara.

Harga Ikan Molly

Ikan Molly dijual dengan harga yang relatif murah namun berbeda-beda tergantung dari jenis, kecantikan dan ukuran . Kisaran Harga Ikan Molly mulai dari Rp 1000 – Rp 50.000 per ekor.

Harga ikan molly tersebut sesuai dengan jenisnya dan keunikannya, mulai dari harga rendah seperti ikan black molly Rp 2rb per ekor. Dan harga tinggi seperti ikan molly lyretail dengan harga Rp 25rb-50rb per ekor.

Klasifikasi Ikan Molly

Secara global ikan jenis molly ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Short-fin molly (sirip pendek) atau disebut molly saja, Sailfin molly (sirip panjang), dan lyretail molly (ekor cagak).

1. Short-fin Molly (Sirip Pendek)

ikan molly sirirp pendek
blogikan.com

Yang termasuk ke dalam ikan jenis sirip pendek ini ada beberapa spesies diantaranya yaitu Poecilia salvatoris, Poecilia sphenops, Poecilia mexicana, Poecilia latipunctata, dll

2. Sailfin Molly (Sirip Panjang)

jenis ikan molly sirip panjang
semuaikan.com

Yang termasuk ke dalam ikan jenis sirip panjang ada 3 spesies yaitu Poecilia velifera, Poecilia latipinna, dan Poecilia petenensis.

3. Ikan Molly Hibryds

Ikan Golden Black Molly ikan molly hybrid
topikanguppy.com

Molly hibrid ini merupakan hasil crossbreed alias perkawinan silang antar spesies dari ikan molly untuk menghasilkan molly yang lebih menarik dan cantik. Karena mudahnya ikan ini berkembang-biak maka terdapat banyak sekali ikan molly dengan strain (jenis) baru.

Jenis Ikan Molly Populer

1. Ikan Molly Marble

ikan molly marble
tokopedia.com

Molly Marble ini sangat terkenal dan banyak di jual di toko ikan hias. Ciri khas dari Ikan ini berwarna putih disertai bercak – bercak hitam.

Kisaran Harga Ikan molly Marbel antara Rp. 3.000 – Rp. 6.000 / dapat 4 ekor

 2. Ikan Molly Balon

ikan molly balon
tokopedia.com

Ikan molly balon ini merupakan ikan jenis molly  yang namanya paling populer yaitu molly balon.

Ciri khas ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang buncit dan besar seperti balon. Memiliki warna tubuh yang sangat cantik, ada yang merah, jingga, kuning, dan belang – belang.

Kisaran Harga Ikan Hias Molly Balon adalah Rp. 3.000 – Rp. 7.000 dapat 2 – 3 ekor

3. Ikan Black Molly

ikan black molly
infoikan.com

Sama seperti molly balon, ikan black molly cukup terkenal dan menjadi primadona bagi pecinta ikan. Ciri khas dari ikan ini adalah sekujur tubuhnya memiliki warna hitam pekat, itulah mengapa ikan ini disebut dengan Black Molly.

Kisaran harga ikan molly hitam antara Rp. 2000 – Rp. 5000 per ekor.

4. Ikan Molly Golden Black

Ikan Golden Black Molly ikan molly hybrid
topikanguppy.com

Ikan Molly Golden Black mempunyai ciri – ciri tubuh yang khas dan cantik untuk dipelihara di akuarium. Warna ikan ini keemasan di bagian kepala sampai perut, lalu sebagian lagi berwarna hitam.

Perpaduan warna ikan golden black menjadikan ikan ini tampak cantik dan indah.

Kisaran Harga Ikan molly ini antara Rp 1000 – Rp 3000 per ekor.

5. Ikan Molly Wild Green Sailfin

ikan molly green sailfin
semuaikan.com

Nama latin ikan ini adalah Poecilia Petenensis, termasuk dalam jenis Sailfin Molly, yang artinya molly bersirip panjang.

Ikan Molly Wild Green Sailfin sering ditemui di kawasan Afrika Tengah tepatnya di Danau Peten Guatemala. Mempunyai ukuran tubuh paling besar dibanding molly lainnya yaitu 15 cm.

Ciri khas ikan ini mempunyai warna dasar tubuh abu – abu kehijauan dengan sirip punggung panjang dan lebar serta ujungnya berwarna oranye. Ikan ini cukup populer, sehingga harganya megikuti kepopulerannya.

6. Ikan Molly Lyretail ( jenis ikan molly termahal )

ikan molly lyretail
infoikan.com

Ikan Molly Lyretail mempunyai bentuk fisik seperti Black Molly, tetapi memiliki ciri khas pada ekor yang membentuk seperti huruf U dan hampir semua warnanya belang – belang dikombinasikan dengan warna cantik lainnya.

Kisaran Harga Ikan Molly ini antara Rp 25.000 – Rp 50.000 per ekor.

7. Ikan Yucatan Molly

ikan molly yucatan
ikanhias-id.blogspot.com

Ikan Yucatan Molly yang memiliki nama latin Poecilia Velifera, juga tergolong Sailfin Molly. Ikan ini berasal dari San Antonio Texas dan mempunyai ukuran tubuh maksimal 12 cm.

Ikan ini yang sering dijumpai pada ikan yang berwarna merah dan ada sedikit putih dibagian perutnya. Ikan ini terlihat indah karena bersirip lebar.

8. Ikan Molly Poecilia Latipinna

Molly-Poecilia-Latipinna
semuaikan.com

Masih dalam jenis Sailfin Molly, Molly Poecilia Latipinna ini terbilang cukup unik.

Ikan ini memiliki pola bintik – bintik pada tubuhnya dengan sirip punggung yang agak lebar. Kisaran ukuran tubuh ikan ini adalah 12 cm.

Ikan jenis ini kebanyakan ditemui di sungai San Antonio Texas, umur maksimal hidup ikan ini berkisar 3 tahun.

Cara Budidaya Ikan Molly

cara budidaya ikan molly
ptnasa.net

Sebenarnya ikan molly ini termasuk sangat mudah untuk dibudidayakan atau dikembang-biakkan. Hanya perlu memberikan mereka air dengan suhu hangat antara 25-27° C, makanan yang baik dan hindarkan dari stress. Ikan ini beranak dengan cara melahirkan dan anak-anaknya langsung bisa berenang. Betina dapat melahirkan hingga ratusan ekor anak molly ketika melahirkan.

Untuk beternak ikan molly, satu ekor ikan molly jantan di satukan dengan beberapa ekor betina. Setelah mereka kawin perlu menunggu 3-5 minggu untuk ikan betina melahirkan anaknya.

Sebaiknya pisahkan anakan dari induknya karena ikan molly cenderung untuk memakan anaknya. Biasanya ikan molly memakan anaknya ketika kurang dalam pemberian makanan.

Apabila hendak menggunakan akuarium sebagai tempat budidaya ikan molly maka sebaiknya gunakan ukuran akuarium dengan kapasitas 30 galon atau sekitar 112 liter. Hal tersebut untuk memberikan tempat yang lebih luas untuk menghindari bully (gangguan) dari ikan jantan, dengan demikian akan mengurangi tingkat stress pada ikan.

Agar tidak terjadi perkawinan ikan molly sedarah (inbreed) yang akan mengakibatkan cacat dan berkurangnya daya tahan anakan ikan molly, maka indukan molly jantan dan betina sebaiknya bukan saudara sekandung (ibu, bapak, adik, kakak). Jadi usahakan membeli ikan molly jantan dan betina di tempat yang berbeda.

Demikian artikel mengenai ikan molly ini yang diantaranya membahas tentang jenis-jenis ikan molly terpopuler, dan tentunya artikel ini tidak lepas dari segala kekurangan. Semoga bermanfaat baagi sobat pembaca.

 

 

 

 

Bagaimana Menurutmu?