Cara Belajar Menghadapi UTS/UAS Untuk Meraih Juara Kelas

Hai sobat admin,,, jika kamu masuk di artikel ini, pasti kamu akan dihadapkan dengan ujian semester? atau ingin nilai kamu menjadi yang terbaik di kelas?

Atas kemauan sendiri atau disuruh orang tua nih? Atau mau sekedar baca-baca aja? Atau mungkin Admin aja yang sok tau? OK… Klo memang begitu, Admin akan membagikan tips dan triks cara belajarnya,, silahkan lanjut baca ya!

Mendapat juara kelas merupakan hal menyenangkan sekaligus berkesan bagi setiap orang yang sudah mengalaminya seperti Admin hhe. Bahkan hal tersebut merupakan moment yang sangat bersejarah dalam hidup. Sehingga kelak bisa diceritakan kepada anak cucu.

Namun bagi sebagian orang yang belum berhasil meraih juara kelas, tentunya mereka sangat berharap untuk mendapatkannya. Lalu bagaimana caranya?

Pengalaman Pribadi Admin

Nah, tentunya Admin sebelumnya juga pernah mendapat juara kelas dan juga juara 1 dalam beberapa perlombaan, sombong amat. Bukan bermaksut sombong ya! Tapi admin cuma mau berbagi sedikit pengalaman agar bisa menjadi motivasi.

Salah satu perlombaan yang admin menangkan adalah lomba mapel materi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Mungkin kamu menganggap kalo admin jago dalam komputer? Kalo iya, kamu salah besar! Sebab, admin ketika itu bisa dikatakan gaptek, bahkan jarang sekali megang laptop, karena admin belum mampu beli.

Sebenarnya ketika terpilih sebagai pengampu materi TIK, admin merasa aneh sekali dengan keputusan tersebut. Kok aneh? karena pada waktu itu admin belum punya laptop, sedangkan banyak dari siswa lain yang memilikinya, alias mereka lebih paham tetang TIK.

Sebenarnya admin berharap terpilih untuk mengampu materi agama. Tapi bagaimana lagi? bukankah sikap kita terhadap guru harus sami’na wa atho’na?

Singkat cerita, tiba-tiba tidak disangka admin berhasil meraih juara 1 untuk tingkat kabupaten. Senang sekaligus sedih admin rasakan. Kok sedih min? Sedih karena dapat titel juara 1 TIK namun gagap teknologi. Hiks.. hiks..

Nah itulah sedikit cerita dari admin. Sekarang admin akan bahas beberapa tips dan triks dalam belajar untuk meraih juara kelas atau lomba mapel walaupun tidak terlalu memahaminya. Cekidot!

Cara Belajar Untuk Meraih Juara Kelas

Untuk cara belajarnya, admin bagi menjadi 2 cara berdasarkan masa jarak waktu sebelum masa Tes / Ujian Semester,

  • Belajar Dari Awal Sebelum Masa Ujian Semester (masa longgar)

Untuk mempermudah meraih juara kelas, alangkah baiknya kamu sudah mulai belajar di waktu longgar atau belajar dari awal jauh sebelum pelaksanaan ujian semester. Jika waktu pelaksanaan ujian masih beberapa bulan kedepan, maka ada beberapa tips menurut admin.

  1. Istiqomah belajar setiap hari

Setiap kali pulang sekolah, luangkanlah sedikit waktumu untuk mempelajari kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya. Tidak perlu belajar lama-lama, kamu hanya perlu belajar inti-intinya saja. Yang terpenting lakukanlah hal tersebut secara istiqomah (rutin) setiap hari.

  1. Belajar lebih awal

“Berjalanlah ketika orang lain berdiam, berlarilah ketika orang lain berjalan, sehingga ketika orang lain berlari kamu sudah mencapai finish”

Sebelum guru memberi materi baru, usahakanlah kamu sudah mempelajari materi tersebut. Sehingga ketika guru menerangkan materi baru, kamu akan lebih mudah memahaminya.

  1. Mengatur jadwal Waktu Belajar

Buatlah jadwal waktu untuk belajar di rumah. Misalnya 3 jam dalam sehari. Waktu tersebut bisa kamu bagi sehingga kamu tidakmerasa bosan. Hal ini akan membuat kamu lebih fokus dalam belajar.

  1. Membaca buku secara Utuh

Membaca buku secara keseluruhan akan membuat mu mengerti semua materi yang terkandung di dalam buku tersebut. Agar tidak memakan banyak waktu hari mu, cobalah membaca dengan cepat.

Apa itu membaca cepat? Membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan membaca tanpa harus meninggalkan pemahaman terhadap isi dari bacaan.

  1. Menandai poin-poin penting

Ketika kamu membaca materi secara utuh, cobalah untuk menandai inti-inti dari sebuah materi. Seperti berbagai pengertian atau istilah asing dan kata-kata lainnya yang menunjukkan inti dari sebuah bacaan.

Sehingga ketika kamu mau mempelajari kembali materi tersebut, kamu hanya perlu membaca tulisan yang telah kamu tandai. Contoh super cepat

  1. Senang dalam belajar

Jika kamu lagi gak mood cobalah untuk tersenyum sebelum belajar, karena dengan tersenyum mood kamu akan berubah. Dan berpikirlah bahwa belajar itu menyenangkan.

Belajar tidak harus dengan membaca, misalnya kamu sekali-kali bisa membuka materi di youtube sehingga belajarmu labih menyenangkan.

Belajar dengan perasaan gembira akan memudahkan kamu untuk berpikir dengan jernih, sehingga hal-hal yang kamu pelajari akan mudah untuk dipahami.

  1. Mengerjakan semua soal

Selain mengerjakan tugas wajib dari guru, cobalah mengerjakan semua soal yang ada di buku. Mulailah dengan bertahap dari soal yang mudah, seperti soal pilihan ganda.

  1. Aktif bertanya

Malu bertanya sesat dijalan

Buatlah pertanyaan yang beerkualitas. Jika pertanyaanmu sekiranya mudah, sebaiknya tanyakan dulu kepada teman. Jika dari teman tidak ada yang mengerti jawabannya, baru kamu dapat menanyakannya kepada guru.

  1. Membantu Teman dalam belajar

Pernahkah kamu berpikir mengapa guru amat pintar? Maksutnya bukan si Amat ya. Salah satu jawabannya adalah karena beliau belajar suatu ilmu dan mengajarkan ilmu tersebut.

Jika ada teman yang kesulitan dalam memahi materi, maka bantulah dia untuk memahaminya. dengan begitu pemahaman kamu akan terasah untuk lebih mudah dalam mengingat. Dan alangkah baiknya lagi jika kamu membuat kelompok belajar.

Itulah tips menurut admin untuk meraih juara kelas dalam ‘waktu longgar’ yang bisa kamu praktekkan, jika sudah masuk waktu ujian semester, kamu hanya perlu belajar ulang poin-poin yang sudah kamu tandai dan soal-saol yang sudah kamu kerjakan.

  • Belajar Ketika Sudah Masuk Masa Ujian Semester (Masa Kepepet)

Mungkin kamu bertanya, Apakah mungkin meraih juara kelas dengan belajar diwaktu yang terbilang kepepet?

Jika benar kamu berpikir begitu? sekarang cobalah untuk merubah mindset-mu bahwa “tidak ada yang tidak mungkin” asalkan kamu mau berusaha. Admin yakin kamu sudah familiar dengan quoteusaha tidak menghianati hasil”, “man jadda wa jada.”

 “Jangankan waktu longgar justru waktu kepepet akan membuka potensi yang terpendam dalam dirimu the power of kepepet.”  tapi jangan berpikir untuk nyontek ya sobat!

Berpikirlah tanpa menyontek kamu pasti bisa. Namun tentunya dalam waktu kepepet usaha mu harus lebih extra dibandingkan dengan yang sudah belajar di waktu longgar. Atau bisa dibilang ‘belajar sistim ngebut’. Yang aman.

Ok langsung saja admin bagikan tips cara belajarnya,

  1. Baca Cepat Keseluruhan Materi

Cara membaca cepat keseluruhan materi sudah admin jelaskan di poin nomor 4 atas. jika kamu benar-benar ingin meraih juara kelas, tentunya kamu harus menguasai semua materi yang akan diujikan.

  1. Senang Dalam belajar

Walaupun kamu menggunakan belajar sistem ngebut, kamu tidak perlu gugup dan terburu-buru. Tetap tenang sama seperti poin nomor 4 atas.

  1. Kurangi Waktu Tidur Malam

Kurangilah waktu tidurmu, dengan cara mengakhirkan waktu tidur dan mengawalkan waktu bangun. Misalnya, tidur jam 23.00 dan bangun jam 03.00, dengan begitu waktu belajarmu akan lebih banyak.

Jika kamu terserang rasa kantuk ketika belajar, cobalah untuk jalan-jalan ringan atau cuci muka agar rasa kantukmu menghilang.

  1. Tidur Siang

Walaupun kamu memerlukan banyak waktu untuk belajar, sempatkanlah untuk tidur siang minimal ½jam dan maksimal 1jam. Selain untuk beristirahat, tidur siang dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kreativitas. Sehingga proses belajar kamu akan lebih efektif.

Itulah beberapa tips dari admin, trimakasih dan semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana Menurutmu?