MAKANAN KUCING KAMPUNG [Jangan Asal Ngasih!]

makanan kucing kampung
pixabay.com

Makanan kucing kampung – Karaktersitik kucing kampung memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kucing ras. Kucing kampung sebenarnya tidak perlu perawatan yang ribet dan bisa dibilang bisa dikasih makanan apa saja yang penting dia suka.

Kucing lokal itu lahir dari kehidupan yang mengajarkannya untuk hidup mandiri, dimana ia seharusnya dapat mencari makanan sendiri di luar rumah. Namun kerena kita itu pecinta kucing, memperlakukan kucing kampung selayaknya kucing ras merupakan tanggungjawab kita bersama.

Kebutuhan Makanan Kucing Kampung

Kucing kampung sama halnya dengan jenis kucing lainnya. Ia merupakan hewan karnivora obligat yang lebih menyukai makanan yang berprotein hewani dibandingkan dengan protein nabati. Jadi mungkin daging ataupun ikan lebih cocok sebagai makanan kucing kampung dibandingkan dengan brokoli.

Selain itu, ada beberapa makanan yang cocok untuk kucing kampung diantaranya sebagai berikut :

Nasi

makanan kucing kampung nasi
pixabay.com

Beberpa kucing suka dengan nasi, walaupun begitu nasi bukanlah makanan utama bagi kucing. Nasi mengandung glukosa dan karbohidrat yang cukup tinggi. Jika diberikan pada kucing secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas atau diare. Jadi, berikanlah nasi secukupnya saja.

Cara pemberian pakan nasi pada kucing kampung ialah mencampurkan nasi  dengan lauk pauk yang sekiranya kucing mau memakannya. Contohnya abon sapi, olahan daging ayam atau lauk pauk lainnya.

Daging

makanan kucing kampung daging
pixabay.com

Kucing merupakan hewan karnivora, ia sangat menyukai daging yang mengandung protein tinggi. Beberapa daging yang direkomendasikan untuk kucing yaitu daging sapi, daging ayam atau kalkun. Berikan kucing daging yang telah masak, karena berdasarkan beberapa pengalaman kucing tidak terlalu menyukai daging mentah.

Selain itu daging mentah juga dapat berbahaya bagi kucing kampung, karena daging yang belum masak terkandung Bakteri Salmonellabisa yang tentunya tidak baik untuk kesehatan kucing. Jadi untuk mengindari penyakit pada kucing, lebih baik memberikan daging yang telah masak baik digoreng maupun direbus.

Ikan

makanan kucing kampung ikan
pixabay.com

Memberikan ikan boleh saja dilakukan, namun bukanlah ikan mentah atau makanan sushi yang orang konsumsi karena bisa sangat berbahaya. Ikan tuna yang biasanya diolah untuk membuat sushi itu bisa mengandung merkuri yang berbahaya untuk kucing kampung.

Ikan yang telah matang menjadikan ikan tersebut mengandung asam lemak dan omega-3 yang membantu pengelihatan kucing tetap tajam.memberikan ikan juga dapat terhindar dari penyakit ginjal, arthritis dan gangguan jantung. Beberapa ikan yang dapat sebagai makanan kucing kampung diantaranya: ikam lele, ikan teri, ikan bandeng dan beberapa jenis ikan lainya.

Baca Juga : Makanan Hamster yang Baik

Telur Matang

makanan kucing kampung telur matang
pixabay.com

Sama halnya dengan daging, telur juga merupakan sumber protein yang baik untuk kucing kampung. Namun telur juga tidak bagus jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Telur mentah bisa saja mengandung bakteri E. coli. dan Salmonella.  Bakteri dan beberapa organisme yang ada dalam telur mentah kadang dapat membuat kucing menjadi sakit yang tentu saja akan merepotkan pemilik kucing. Oleh sebab itu, lebih direkomendasikan telur yang telah dimasak untuk dijadikan sebagai makanan kucing kampung.

Tempe

makanan kucing kampung tempe
fimela.com

Bukan hanya orang Indonesia saja yang suka makan tempe. Beberpa kucing kampung juga suka makan tempe. Selain rasanya disukai, tempe juga mengandung protein nabati. Tempe juga banyak digunakan untuk mengobati penyakit diare pada kucing.

Dari beberapa penelitian menunjukan bahwa zat gizi pada tempe lebih mudah diserap, dicerna dan dimanfaatkan tubuh. Dengan pemberian tempe, pertumbuhan berat badan penderita diare dan gizi buruk bisa sembuh dalam waktu singkat.

Makanan Khusus Kucing

Makanan kemasan juga sangat baik untuk dijadikan pakan kucing kampung. Makanan kemasan yang biasanya diberikan untuk kucing ras juga memiliki asupan yang dibutuhkan oleh kucing kampung.

Perlu diingat juga makanan anak kucing berbeda dengan kucing dewasa.

Minuman Kucing Kampung

Seperti manusia, tentunya kucing juga membutuhkan cairan dalam tubuhnya. Tanpa kebutuhan air yang cukup, kucing akan dehidrasi dan kehilangan nyawanya. Cairan tersebut sangat penting untuk membuat organ dalamnya tetap dapat bekerja dengan baik.

Air putih

Air merupakan kebutuhan semua makhluk hidup, begitu juga dengan kucing. Berikanlah kucing kampung air mineral untuk minuman setiap hari, sediakanlah air dalam wadah kusus untuk minum kucing.

Susu Kusus untuk Kucing

Rata-rata kucing sangat menyukai susu, tak terkecuali juga dengan kucing kampung. Selain rasanya yang disukai, susu juga kaya akan kalsium dan protein, kandungan dalam susu tersebut sangat baik dalam pertumbuhan dan kesehatan si kucing.

Namun perlu diperhatikan susu yang diberikan bukan susu sapi, karena susu sapi banyak mengandung laktosa. Laktosa merupakan gula yang terkandung dalam susu sapi. Sebab, sebagian besar kucing tidak dapat menerima laktosa yang terkandung dalam susu sapi.

Anak kucing juga perlu susu, bagi yang ditinggal induknya makanan anak kucing ini berupa kitten milk replacer yang bisa sobat dapatkan secara online.

Makanan yang Berbahaya Bagi Kucing Kampung (tidak baik)

makanan kucing kampung yang dilarang
http://menurutadmin.com/makanan-kura-kura-kecil-besar-brazil-air-darat/

Dr. Elizabeth Colleran, Presiden AAFP (American Association of Feline Practitioners) memberikan petunjuk beberapa makanan yang direkomendasikan untuk semua kucing. Dia juga melarang memberikan makanan pada kucing seperti bawang merah dan putih, rumput laut, buah anggur, coklat, lismis dan makanan yang mengandung kafein dan ber-alkohol.

Berikut ini beberapa makanan yang tidak baik bagi si kucing.

  1. Kopi, teh dan coklat

Meski enak, ternyata beberapa kopi, ten dan coklat tidak baik bagi pencernaan kucing. Makanan dan minuman tersebut mengandung Kafein sampai Theobromine. Kandungan tersebut dapat menyebabkan diare, abnormalitas pada tekanan darah, keracunan fatal sampai kerusakan organ-organ dalam yang penting.

  1. Anggur

Belum ada kasus yang tercatat mengenai masalah yang timbul usai kucing mengkonsumsi anggur, namun anggur tercatat dapat menyebabkan gangguan ginjal pada anjing. Jadi alangkah baiknya tetap waspada untuk menghindari anggur, daripada harus mendapat risiko yang tidak diinginkan pada si kucing.

  1. Bawang

Kucing tidak dianjurkan makan olahan makanan dari jenis bumbu satu ini. Kucing tidak bisa mencerna bawang dalam sistemnya. Karena kucing mempunyai sensitivitas lebih tinggi ketimbang anjing. Bawang dapat menyebabkan rusaknya sel darah merah sehingga menimbubulkan anemia bahkan peradangan pada lambung dan usus kucing.

  1. Keju, susu dan yogurt

Walaupun susu sangat disukai kucing, namun jangan sembarangan memberikan produk olahan susu pada kucingmu. Seperti penjelasan sebelumnya, beberapa kucing mungkin memiliki intoleransi terhadap Laktosa. Jika tubuh mereka tidak dapat mencernanya, mereka bisa terkena gangguan pencernaan seperti diare.

  1. Tulang

Walaupun di alam liar kucing dapat mengonsumsi sampai habis hewan buruannya, tetapi akan lebih aman untuk tidak memberi kucing tulang sebagai makanannya. Tulang dapat menjadi masalah bagi gigi mereka. Meski kucing dapat menelannya, tulang yang tajam bisa menyebabkan konstipasi, ganguan usus hingga pendarahan saat buang air besar.

Bila tetap ingin memberikan tulang sebagai sampingan, kamu dapat memperhatikan ukuran tulang atau memberi bagian tulang yang lunak sehingga kucing dapat mencernanya dengan baik.

  1. Telur mentah

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik, tetapi jangan memberikan telur mentah kepada kucing karena dapat mengandung bakteri berbahaya seperti Salmonella.

  1. Ikan mentah

Ikan yang masih mentah mengandung enzim yang bisa menyebabkan kerusakan pada vitamin B1. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan kucing mengalami anoreksia. Jika tetap ingin memberikan ikan pada kucing, pastikan ikan dimasak terlebih dahuulu dan pisahkan tulang-tulang ikan dari dagingnya.

Makanan Kucing Murah

Jika sobat tidak ingin repot dalam memberi makan kucing kampung sobat juga bisa membeli makanan berkemasan dengan harga yang murah. Makanan kucing murah ini bisa sobat dapatkan dengan mudah secara online. Berikut beberapa diantaranya :

  • Whiskas
  • Frieskies
  • Momo Cat
  • Bolt Repack
  • Savvy Kitten
  • Cat Choize
  • Profelin

Demikianlah beberapa ulasan mengenai makanan yang baik dan yang  tidak baik untuk  dikomsumsikan pada si kucing kampung. Sekian dari admin semoga artikel yang telah kamu baca dapat bermanfaat.

Baca Juga : Makanan Kelinci yang Baik (Jangan Asal Ngasih)

Bagaimana Menurutmu?